Ahad, 13 Ogos 2017

EMPAT TIPS MENGATASI SEMBELIT BOLEH DICOBA




Bagi anda  yang kurang  makanan  berserat dan minum air putih,  maka kesulitan buang air besar akan menjadi teman. Perut penuh, mules tapi pas mau dikeluarin susah. Sembelit membuat perut terasa melilit. Berbagai aktivitas jadi terganggu. Sebagian orang mengatasi dengan meminum obat. Tidak ada salah sih, tapi memang sebagusnya menggunakan cara yang alami. Lebih sehat, tidak memiliki efek samping dan menyebabkan ketergantungan. Inilah empat tips mengatasi sembelit, boleh dicoba :
a.       a. Minum air putih saat bangun tidur
            Minum air putih satu sampai dua gelas saat bangun tidur pagi. Sebuah cara yang bagus dan terbukti ampuh. Karenaa merangsang usus buat mengeluarkan kotoran yang ada di perut.  Jam piket usus itu, di waktu pagi pada pukul 00.05-00.07. Dengan minum, asupan cairan akan terpenuhi. Feses akan mudah didorong untuk keluar dan dibuang deh. Permasalah sembelitpun bisa teratasi. Boleh dicoba. Kenapa bisa begitu, saat kita tidur cukup banyak cairan yang keluar lewat pernapasan. Jadi bila cairan tubuh kurang maka jangan heran kesulitan buat BAB.
a   b    Olahraga yang teratur
            Ini penting banget. Olahraga bisa merangsang pergerakan peristaltik usus. Gerakan pada otot-otot percernaaan. Orang-orang bedrest dan jarang bergerak. Biasanya  mengalami permasalahan sembelit. Jadi kalaupun tidak melakukan olahraga minimal menggerakan organ badan dan tubuh.
    c  Jangan tidur sehabis makan
            Perut sudah kenyang kantukpun biasanya menyerang. Ini bukan kebiasaan yang baik. Lambung butuh waktu untuk mencerna makanan yang masuk.  Mengolah menjadi sari-sari dan membuang sisa yang tak penting ke usus. Bila kita tidur kerja lambung nggak maksimal. Makanan  tertumpuk. Ini bisa menyebabkan sembelit dan asam lambung naik.
  d.  Makan sayur dan buahan
            Sudah menjadi rahasia umum banyak makan berserat bisa melancarkan BAB. Sayuran dan buah sangat baik untuk tubuh. Dia mudah dicerna oleh lambung. Kandungan air yang tinggi membuat usus mudah mengubah menjadi feses dan mendorong keluar menjadi kotoran. Jadi banyak makan sayur dan buah-buahan.
            Inilah tips mengatasi sembelit. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan. Tentu tak perlu mengeluarkan banjet yang besar dan minum obat pencahar. Terkadang memiliki efek samping kurang baik pada tubuh.


Tiada ulasan: