Selasa, 15 Ogos 2017

LIMA HAL YANG DI RINDUKAN ANAK PERANTAU DARI KAMPUNG HALAMAN




Merantau entah karena alasan pekerjaan, pendidikan atau turut suami. Menyebabkan seseorang harus meninggalkan kampungan halaman. Tanah kelahiran yang memiliki sejuta kenangan.  Dari memori masa kecil, kehangatan keluarga serta makan khas suatu daerah. terkadang menyeruakkan rasa kangen. Lima hal yang dirindukan anak perantau dari kampung halaman :
a.      Masakan rumah
            Masakan terbaik bagi sebagian orang adalah masakan yang diracik di rumah oleh tangan ibu.  Bila merantau pasti akan merindukan makan-makanan  sering terhidang di meja maka. Mungkin saja sukar ditemui di tanah rantau. Atau meski mencoba membuat dengan resep tapi  cinta rasanya akan berbeda. Makan rumah tak ada yang menandingi Itulah salah satu yang menjadi kerinduan. Bagi para perantau.
b.      Mandi di sungai
            Bila kampung halaman kalian memiliki sungai. Maka akan memiliki cerita tentang menghabiskan senja berenang di sungai sewaktu kecil. Mencari ikan, bermain bersama teman, bercengkerama bebas. Saat di tanah rantau mengalami kesulitan  air missal PDAM lagi mati atau tinggal di daerah yang sulit air. Ehms rasa pengen pulang dan langsung menceburkan badan ke sungai.
c.       Suasana kampung
            Kehidupan di kampung yang asri dan damai. Memercikan rasa kerinduan. Apalagi bila tempat kita berdomisili termasuk daerah perkotaan dengan segala hingbar bingar yang kadang menjemukan. Dari indvidualis yang lebih memetingkan diri sendiri. Tentu akan mencuat rasa rindu suasana kampung.
d.      Dengan keluarga
            Sudah pasti ini yan nomor satu. Rindu dengan bapak or emak di kampung. Menegok mereka dan melihat kondisi kesehatan. Menghabiskan waktu sekedar bernostalagia tentang masa kecil yang nakal. Menghabiskan waktu bersenda gurau dan bercengkerama. Menjadi momen terbaik bagi perantau berkumpul bersama keluarga.
e.       Jalanan yang bebas macet
            Jalanan yang lancar jaya tanpa bermacet-macet ria. Hawa dingin yang menyejukan. Sepanjang mata memadang, gemercik air beradu dengan cadasnya batu. Menawarkan oksigen yang memberi ruang di dada untuk bernapas. Tak ada polusi. Tak ada macet. Menjadi suatu kondisi dan situasi yang tentu dirindukan.
            Inilah lima hal yang dirindukan dari anak perantau. Mungkin kalian bisa menambahkan versi masing-masing.

           

Tiada ulasan: