Sabtu, 23 Januari 2016

CARA MENANAM KACANG PAJANG




           
Punya perkarangan rumah  daripada ditumbuhi rumput liar, lebih baik kalau ditanam dengan kacang pajang. Panen hasilnya tidaklah lama kurang dari dua bulan bisa dinikmati. Selain itu daunya juga bisa dimasak dan sangat baik untuk ibu yang menyusui sebagai pelancar ASI. Inilah cara menanam kacang pajang yaitu
a.      Siapkan Bibit
Siapkan bibit yang ingin disemai, pastikan biji yang bagus, berisi dan ukuran lumayan besar dan tidak kepet. Bibit akan menentukan kualitas dari tanaman. Ada salah cara untuk mengetahui bibit itu bagus atau tidak yaitu redam bibit dengan air, bila biji yang mengapung berarti kualitasnya jelek.

b.      Siapkan Lahan
Gali tanah sedalam 10 cm, lalu masukan bibit kacang kedalamnya, 2- 3 biji kedalam satu lubang. Beri jarak tiap bibit sekitar 50-60 cm.  Biji yang telah dimasukan, ditutupi dengan tanah, tapi jangan dipadatkan.

c.       Siram
Bila tidak hujan, siram bibit yang telah disemai sekali sehari. Biasanya setelah 4 hari, biji kacang yang ditanam berkecambah.

d.      Beri Tempat Menjalar
Beri kayu tempat daunnya menjalar atau bisa tempelkan kawat pada dinding. Biarkan bibit ini menjalar dengan sendirinya.

e.       Panen
Setelah kurang dari dua bulan biasanya, tanaman kacang pajang telah berbuah dan siap untuk dipanen. Hasilnya bisa buat masakan dan dinikmati bersama keluarga tercinta. Bagaimana mudahkan, tidak terlalu rumit buat dilakukan. Selamat mencoba.

Tiada ulasan: