Sabtu, 30 Januari 2016

REVIEW BUKU : MEMBENTUK ANAK BERKEMAUAN KUAT BY ATHIF ABUL ID



Judul                          : Membentuk anak berkemauan kuat
Penulis                        : Athif Abdul Id
Penerbit                      : Mutamaza
Tahun Terbit             : 2015

            Anak adalah mutiara dan permata yang memiliki nilai tak terhingga.  Sudah selayaknya dijaga dan dirawat dengan hati-hati. Bila salah langkah efeknyapun sangat berbahaya, niatnya untuk mendidik malah membentuk pribadi-pribadi lemah yang malah menimbulkan masalah di hari tua. Buku membentuk anak berkemauan kuat ini, membahas detail tentang bagaimana seharusnya orangtua bersikap kepada anak. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh orangtua tanpa sengaja telah membentuk karater kurang baik pada anak.
            Kebiasaan membanding-membandingkan anak dengan anak yang lain, niat untuk memotivasi sang anak agar bisa berbuat seperti anak yang diinginkan malah menjadi sebuah bumerang untuk anak itu sendiri. Bukan semangat yang bangkit malah tercipta seorang anak yang mider, dan tidak percaya diri.  Seorang anak tak akan bisa menjadi anak “A”, “B” dan lainnya, maka menghargai dirinya sebagai dirinya bukan membandingkan merupakan cara yang tepat (Hal, 26)
            Bila seorang anak melakukan kesalahan jangan mencaci maki dan menyerang kepribadiannya tapi tunjukan kesalahanya tanpa memberi penghakiman. Anak yang terbiasa  dengan penghakiman maka akan tumbuh menjadi seorang anak yang takut salah dan lebih baik berbohong daripada mengakui kesalahannya. (Hal, 21)
            Memberikan pengertian kepada seorang anak bahwa hidup adalah proses dan kegagalan merupakan suatu bagian. Tidak ada suatu hal yang dilakukan langsun berhasil dan sukses tanpa sebuah kegagalan. Pemahaman yang diberikan tersebut akan menemumbuhkan kepada anak rasa percaya diri dan tidak takut untuk mencoba. (Hal 45)
            Buku ini terbilang tipis, hanya 68 halaman, tapi membaca saya seperti habis membaca buku berates-ratus lembar, atau berapa buku. Penulis mengemas tulisan ini dengan sangat baik, langsung pada point inti tanpa bertele-tele dan mudah dipahami. Harga bukunya terbilang murah dan sangat terjangkau. Tapi isinya rasa sangat menarik dan dimengerti

Tiada ulasan: