Jumaat, 1 Januari 2016

Daun Dewa Untuk Kesehatan, Obat Kutil Dan Luka Memar



Daun dewa, sejenis rumputan yang tumbuh liar  di tanah-tanah kosong dan tepi parit. Nama daerahnya beluntas cina dan samsit. Untuk membudidayakan daun dewa ini cukup muda tinggal pindahkan anakan yang tumbuh disekitar, atau mengambil umbi yang bertunas. Pastikan  air yang cukup dengan kondisi  tanah yang sedikit gembur saat menanam. Kandungan zat yang terdapat pada tanaman ini adalah saponin, minyak asiri dan flavonoid. Inilah manfaat daun dewa untuk kesehatan yaitu
a.      Obat kutil
Kutil adalah daging tumbuh serupa jerawat dan bisul, jerawat dan bisul kalau sudah pecah dan keluar nanah maka akan kempes dan tinggal membekas saja. Berbeda dengan kutil serupa tumor jinak. Kutil bila tidak ditangani dengan segera bisa menular ke orang lain. Dan tentu sangat menganggu sebuah penampilan terutama bagi wanita. Menjaga kebersihan diri agar tidak terkena virus penyebab kutil bisa mejadi salah satu alternatif. Selain itu, kutil bisa diobati dengan daun dewa.  Siapkan lima lembar daun dewa, tumbuklah sampai halus. Oleskan pada bagian tubuh yang terkena kutil  sampai melekat erat. Biarkan seharian dan dilepas pada keesokaan hari.
b.      Digigit ular atau serangga
Saat tak sengaja tergigit serangga , ular dan binatang lain. Tidak ada obat karena berada di hutan belantara. Bila menemukan tumbuhan ini disekitar anda. Bisa mengunakannya sebagai obat. Siapkan umbi daun dewa. Lumatkan dan tempelkan di tempat yang terkena gigitan.
c.       Luka memar karena berkelahi atau jatuh
Jatuh dari motor, atau  bersepeda, atau  lagi berjalan ada tawuran  tak di sangka kena tonjokan tuh muka. Menyebabkan memar-memar. Petiklah batang daun dewa sekitar 15-30 gr. Haluskan tanaman ini, campur sedikit air lalu diperah. Beri sedikit arak, oleskan pada bagian tubuh yang memar secara rutin dan biarkan mengering.
d.      Muntah darah
Daun dewa juga bisa mengatasi masalah muntah darah. Ambil satu batang daun dewa, lalu rebus dengan segelas air sampai mendidih. Minum air rebusan tersebut.

Tiada ulasan: