Selasa, 29 Disember 2015

Pegagan Untuk Kesehatan Mengobati Campak Dan Pembengkakan Hati



Pegagan adalah rumput liar yang biasa tumbuh di pinggiran jalan, tepi kebun, sawah bahkan tubuh liar di pekarangan rumah. Selagi lingkungan lembab, terkena sinar matahari, pegagan akan tumbuh subur. Setelah berbagai penelitihan akan khasiat dari pegagan, banyak sekarang produk herbal yang berbentuk kapsul berbahan dasar dari tanaman ini dijual. Kandungan zat pegagan adalah asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose, caretenoids, garam-garam mineral, vellarine, dan zat samak. Inilah manfaat pegagan untuk kesehatan yaitu
a.      Mengobati Campak
Campak bila tidak ditangani dengan segera bisa menyebabkan kematian. Jangan anggap remeh penyakit ini. Salah satu cara yang bisa mengobati campak adalah dengan meminum air rebusan dari pegagan. Siapkan pegagan 15-30 gram atau sekitar segegaman, rebus dengan dua gelas sampai mendidih, saring dan minum air setelah dingin. Satu kali sehari.
b.      Pembengkan hati atau liver
Hati yang membengkak karena dia bekerja melebehi porsinya secara terus-menerus. Salah satu fungsi hati adalah menetralisir racun serta mengubah glukosa menjadi energi saat  tubuh tidak lagi memiliki cadangan, maka harus makan yang teratur. Ambil 240-600 gram pegagan segar dan rebus. Airnya diminum secara rutin setiap hari.
c.       Wasir
Wasir yang tidak ditangani dengan segera bisa menyebabkan kanker usus, dan masalah lainnya. Siapkan pegagan ambil bersama akarnya. Bersihkan dan potong-potong, masukan kedalam air panas dan didihkan selama lima menit. Dinginkan airnya lalu di minum sedikit demi sedikit. Satu cangkir air tersebut dihabiskan untuk sehari.
d.      Tergigit ular
Anda yang tak sengaja terkena bisa ular bisa menggunakan pegagan sebagai penangkal, bila kebetulan menemukan tumbuhan ini disekitar anda.  Ambil tanaman pegagan segar, lumatkan dan tempelkan kebagian yang sakit.

Tiada ulasan: