Sabtu, 26 Disember 2015

Kunyit Untuk Kesehatan, Mengobati Disentri Dan Haid Yang Tidak Lancar



Kunyit salah satu bumbu masakan terutama yang bersantan, selain sebagai pelengkap agar rasa semakin mantap dilidah, juga berfungsi sebagai pemberi warna agar tampak cantik dan segar. Daunnya juga bisa dimanfaat sebagai pewangi dari sebuah masakan, atau campuran buat sambal pada kripik singkong. Kandungan zat yang terdapat pada kunyit adalah cineol, borneol, zingiberene, curcumene, turmeron, camphor, sabinene, minyak asri, phellandrene, alkoloid curcumin, caprilic acid, methoxinamic, tholymethy carbinol. Inilah manfaat kunyit untuk kesehatan yaitu
a.      Mengobati disentri
Penyakit disentri biasanya disebabkan oleh bakteri,  bisa masuk dari makanan. Buang air terus menerus bila tidak segera ditangani bisa membahayakan tubuh, selain lemas juga bisa berdampak pada rusaknya organ  dan berujung pada kematian. Satu rimpang kunyit bersama gambir dan kapur sirih, direbus dengan dua gelas air. Biarkan bersisa sampai satu gelas. Saring, airnya diminum. Usahakan banyak minum air hangat kuku.
b.      Haid yang tidak lancar
Bagi anda yang memiliki masalah haid yang tidak lancar, sebenarnya banyak faktor yang menjadi penyebab, bisa karena ganguan hormon atau tingkat stres. Kunyit diyakini bisa mempelancar haid, dan membuat teratur. Dua rimpang kunyit, bersama setengah sendok ketumbar, setengah sendok teh biji pala, setengah gegaman daun sri gading di tumbuk hingga halus. Tambahkan dengan satu liter air, rebus sampai mendidih. Airnya disaring, minum rutin segelas sehari.
c.       Borok atau Koreng
Penyakit kulit seperti korengan atau borok, tentu sangat menggangu penampilan, biasanya disertai dengan nyeri yang cukup hebat. Satu rimpang kunyit diparut dan ditambah dengan sedikit minyak kelapa, lalu bungkus dengan daun pisang, panggang hingga panas. Oleskan atau tempelkan bahan tersebut pada bagian tubuh yang sakit.
d.      Bengkak karena gigitan binatang
Bengkak karena digigit oleh kumbang, atau serangga lain. Bisa diobati menggunakan cara ini yaitu parut 2-3 rimpang kunyit, tambahkan dengan kapur sirih dan aduk-aduk sehingga merata. Oleskan atau tempelkan bahan tersebut pada bagian yang terkena.

Tiada ulasan: