Selasa, 29 Disember 2015

Kumis Kucing Untuk Kesehatan, Mengatasi ISK dan Darah Tinggi



Kumis kucing bisa tumbuh didataran rendah sampai dataran tinggi, dan  ditanam di perkarangan rumah sebagai tanaman hias. Berapa dekade terakhir, kumis kucing cukup terkenal dalam mengatasi masalah ganguan pada saluran kencing, seperti infeksi atau batu ginjal. Zat yang terkandung pada tumbuhan ini adalah orthosiphon glikosida, zat samak, minyak asiri, saponin, sapofonin, garam kalium, myoinositol. Inilah manfaat kumis kucing untuk kesehatan yaitu
a.      Infeksi saluran kemih (ISK)
Penyakit ini biasanya disebabkan karena kurang terjaganya kebersihan pada organ vital, biasa sering menyerang pada perempuan. Bisa juga karena tertular bakteri pada WC yang kotor dan cebok saat buang air besar yang kurang bersih. Gejala yang ditimbulkan seperti sakit pada area perut dan vital, selalu ingin buang air kecil setiap saat, tapi cuma. Petiklah tangkai dan daun kumis, daun meniran, sebanyak 30 gr atau sekira-kira satu gegam. Rebus sampai mendidih, minum secara rutin setiap hari.
b.      Batu ginjal
Kebiasaan suka menahan buang air kecil, tentu  berdampak buruk. Bila terus menerus dilakukan akan membentuk butiran-butiran kristal yang bisa menyebabkan batu ginjal. Terdapatnya  batu pada ginjal bisa menghambat kerja ginjal sebagai penyaring dan pembuang zat-zat yang tidak berguna. Ambil akar, daun dan bunga kumis kucing, lalu keringkan. Seduh seperti membuat teh, bisa dicampur dengan gula merah sedikit. Minum secara teratur. Untuk memastikan batu ginjal sudah tidak ada, lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke rumah sakit.
c.       Darah Tinggi
Pengaruh terbesar yang menyebabkan darah tinggi adalah pikiran, bila bisa menekan pikiran maka tekanan darahpun menurun. Darah tinggi yang tidak segera ditangani bisa menyebabkan stroke. Kumis kucing memiliki khasiat menurunkan tekanan darah. Siapkan daun kumis kucing yang kering dan basah. Rebus masing-masing daun secara terpisah. Lalu campurkan rebusan tersebut menjadi satu. Lalu minum segelas sehari.
d.      Demam
Suhu tubuh yang meningkat biasanya disebabkan ada infeksi di tubuh. Ambil daun kumis kucing, cuci bersih. Lalu rebus dengan dua gelas air sampai mendidih. Setelah dingin saring, dan minum air rebusan tersebut satu gelas sehari.

Tiada ulasan: