Isnin, 21 Disember 2015

Labu Kuning Untuk Kesehatan, Mengatur Kadar Insulin dan Mengatasi Migrain



Labu kuning atau dikenal juga dengan sebutan waluh. Biasanya buah ini dikonsumsi setelah matang, dan berwarna kuning. Diolah sebagai sayuran atau bahan campuran kue. Daging buah terasa manis dan renyah, maka tak jarang juga di masak menjadi bubur atau kolak. Kandungan zat gizinya adalah Vitamin A, C, betakaroten, fosfor, kalsium, zat besi, kalium, protein, kalori, lemak, hydrox-acid. Inilah manfaat labu kuning untuk kesehatanan :
a.      Mengatur kadar insulin
Bagi anda penderita diabetes mengkonsumsi labu kuning dapat mengatur kadar insulin karena fungsi memelihara pankreas. Meski rasanya manis tidak akan menaikan kadar gula dalam darah. Maka dari itu buah ini sangat baik dikonsumsi bagi diabetes. Tapi ada hal yang harus diperhatikan yaitu proses pengolahannya yang tepat misal labu kuning dimakan dengan  direbus,  bukan yang telah mengalami campuran gula seperti kue dan kolak.
b.      Migrain
Suka sakit kepala atau migrain. Banyak faktor yang menyebabkan penyakit ini menyerang anda, salah satu ketegangan otot syaraf. Kandungan hydrox-acid pada buah ini diyakini bisa mengatasi migrain yang sering melanda. Mengkonsumsi sayuran ini secara rutin tentu sangat baik bagi tubuh.
c.       Mencegah pembesaran prostat
Sejumlah peneltian telah dilakukan bahwa biji labu kuning bisa mencegah pembesaran prostat. Terdapat senyawa alinin, glisin dan asam glutamat yang menghambat kerja enzim 5-alfa reduktase. Enzim ini berfungsi mengurangi pembentukan hormon dihidrotestoteron dengan begitu pembesaran kelenjar prostat dapat dicegah. Mengkonsumi biji buah ini sangat baik, jadi jangan dibuang  tapi diolah menjadi makanan seperti memakan kacang tanah.
d.      Mencegah sel kanker
Kandungan alkaloid pada labu berguna sebagai anti kanker, yang sangat baik untuk mencegah serangan sel kanker kedalam tubuh.

Tiada ulasan: