Rabu, 9 Disember 2015

Stroberi Untuk Kesehatan, Sebagai Anti-Inflamasi dan Menjaga Fungsi Otak



Stroberi buah yang banyak dibudidayakan di daerah Bogor dan Bandung, namun tidak terlalu sulit untuk ditemui didaerah lain. Harganya memang terbilang cukup mahal. Warna merah yang menyala serta rasanya yang asam manis, mengoda siapa saja untuk memakannya. Kandungan gizi pada stroberi adalah kalium, kalori, Vitamin A, B, C, K, magnesium, fosfor, potasium, selenium, folat, serat, protein dan lain sebagainya. Maka tak heran bila buah ini baik bagi tubuh karena kandungan zatnya. Inilah manfaat stroberi untuk kesehatan :
a.      Anti-Inflamasi
Kandungan fenol pada stroberi  bermanfaat dalam melawan  inflamasi atau kerusakan jaringan akibat dari peradangan. Biasanya, rasa nyeri yang hebat seperti remuatik. Aktivitaspun bisa terganggu karenanya. Fenol ini akan bekerja menghambat enzim cyclooxygenase, sehingga inflamasi akan cepat teratasi. Jangan takut akan efek sampingnya. Kandungan fenol ini tidak akan membahayakan malah bersahabat pada tubuh. Maka bagi anda yang memiliki penyakit peradangan, sebagai obat anti inflmasinya banyak-banyak mengkonsumsi buah stroberi. Kinerja fenol sama dengan aspirin.
b.      Menjaga fungsi otak
Seiring bertambahnya usia, maka banyak jaringan saraf yang mulai menua dan tidak berfungsi lagi sebagai mana mestinya. Penyakit pikunpun bisa saja menjangkit serta penyakit saraf lainnya. Untuk menjaga fungsi otak agar tetap baik, maka salah satu caranya dengan rajin-raji memakan stroberi. Kandungan fitokimia dan vitamin dinilai mampu meningkatkan fungsi otak.  Kandungan yodium pada buah ini, mencegah kerusakan sel  otak.
c.       Menjaga kesehatan tulang
Dibalik tubuh yang kuat terdapat tulang yang sehat, tentu kita tidak asing lagi dengan pribahasa ini. Tulang adalah peyangga tubuh, contoh kecil saja bila tulang rapuh dan keropos, patah, mana bisa berjalan. Maka dari itu pelihara kesehatan tulang sebaik mungkin. Kandungan vitamin K yang cukup tinggi pada stroberi sangat baik bagi tulang anda.
d.      Menjaga kesehatan mata
Kerusakan mata lebih banyak disebabkan karena radikal bebas serta kurangnya gizi tertentu pada tubuh.  Untuk menjaga kesehatan mata dan tidak terjangkit katarak. Kandungan vitamin C dan flavonoid pada stroberi sangat jitu memerangi radikal bebas.

Tiada ulasan: