Khamis, 24 Disember 2015

Tips Menanak Nasi Pakai Kompor Saat Mati Lampu, Pulen, Lembut Dan Tidak Gosong



Sekarang ini zamannya mati lampu, terkadang sampai berhari-hari. Menurut kabar, karena lagi ada perbaikan. Pernah sudah beli lauk, e..e pas mau masak nasi, tiba-tiba lampu mati. Sakitnya tuh disini. Tapi tenang ini ada tips sederhana jurus jitu yang dikeluarkan saat geting, seperti mati lampu. Tips cara menanak nasi pakai kompor saat mati lampu, nasinya insyallah pulen, lembut dan tidak gosong. Enak disantap, sama kayak dimasak dengan magic com. Inilah caranya :
a.      Siapkan Beras
Ukur berapa banyak beras yang mau dimasak, harus disesuaikan dengan pancinya. Kalau banyak, ukuran harus lebih gede.  Kalau yang inu cuma buat saya sendiri, masaknya paling satu cangkir. Cuci bersih beras yang mau di masak. Tiga kali pencucianlah.
b.      Beri Air
Setelah beras bersih, beri air. Biasanya diukur dengan menggunakan telapak tangan, atau kira-kiralah. Kalau yang sudah biasa masak nasi, biasanya tidak bingung lagi. Jangan melebihi setengah dari ukuran beras yang dimasak karena nanti nasinya bisa lembek. Bisa juga kalau mau wangi dikasih daun pandan.
c.       Masak beras
Masak beras  dengan Api yang cukup besar, buka tutup panci saat uap-uap naik keatas dan mulai mengalir, tunggu sebentar. Biarkan sampai kering. Biasanya tak perlu waktu lama 5-10 menit tergantung banyak beras yang dimasak. Jangan  jauh-jauh dari tempat memasak, atau melakukan aktivitas lain, nanti bisa gosong. Setelah air berubah sudah mulai mengering, aduk-aduk beras. Lalu tutup panci rapat-rapat. Kecilkan api kompor semenimal mungkin, diamkan jangan dibuka-buka. Sekitar 10-15 menit kemudian, nasi telah matang.
d.      Nasi siap dihidangkan
Buka tutup paci, aduk-aduk nasi, lalu coba ambil sedikit, lalu dicicip, biasanya nasi telah matang. Tapi bila masih ada keras-keras, mungkin karena kurang air, atau apinya terlalu besar. Bisa di tambahkan air sedikit, lalu dimasak sebentar dengan api yang kecil.
            Itulah tips cara menanak nasi dengan kompor saat mati lampu, moga bermanfaat buat kita semua. Dan bisa di praktekan dirumah. Inilah jurus jitu yang biasa saya lakukan.

Tiada ulasan: