Khamis, 17 Disember 2015

Apel Untuk Kesehatan Memperkuat Tulang dan Mencegah Kanker Usus



Siapa yang tidak suka dengan buah satu ini. Rasa manis, empuk, serta mengeyangkan. Harganya sangat terjangkau dan mudah ditemui di pasar-pasar atau toko buah. Tapi banyak apel ekspor dari luar, harus sedikit selektif dalam memilih yang akan disantap. Selain itu, sebelum mengkonsumsi sebaiknya dicuci bersih dengan air berkali-kali, apalagi mau dimakan bersama dengan kulit luarnya. Memang kandungan gizi banyak terdapat pada kulitnya. Inilah zat-zat yang terkandung pada apel yaitu karbohidrat, protein, lemak, kolesterol, folat, niacin, asam pantotenat, riboflavin, thiamin, vitamin. Maka tak heran bila ada pepatah yang mengatakan makanlah satu buah apel sehari maka tubuhmu akan sehat. Inilah manfaat dari buah apel untuk kesehatan yaitu
a.      Memperkuat Tulang
Dibalik tubuh yang sehat terdapat tulang yang kuat, tentu kita tidak asing dengan kata-kata tersebut. Tulang sebagai penyangga tubuh, bila rapuh akan mudah patah bagaimana mau bergerak. Kandungan phloridzin  dan boron akan meningkatkan massa dan memperkuat tulang. kandungan mineral yang tinggi sangat sehingga  asupan ke tubuh akan terpenuhi. Maka sering-sering makan buah apel biar tulang tidak mudah keropos dan kena osteoporosis, apel lokal seperti apel malang tentu sangat baik bila dikonsumsi secara rutin.
b.      Mencegah kanker usus
Kandungan pectin pada buah apel menurut hasil penelitian bisa mencegah kanker usus. Serat yang tinggi pada apel akan melancar proses metabolisme sehingga sembelit yang biasa menyerang akan hilang. Perlu diingat bahwa sembelit yang pelihara terlalu lama serta BAB yang tidak tuntas menjadi cikal bakal dari kanker usus.
c.        Menurunkan kadar kolestrol
Meski apel mengandung kolestrol tapi ini jenisnya baik dan dibutuhkan oleh tubuh.  Kolesterol jahat yang bersarang di tubuh akan terbuang bila  rutin mengkonsumsi apel.
d.       Pembersih dan penyengar mulut
Habis makan petai  atau jengkol, napas jadi tidak enak.  Tenang, tak perlu risau apalagi resah. Dengan menyatap apel maka semua masalah akan teratasi. Apel sebagai pembersih dan penyenggar mulut, ini semua karena kandungan zat yang bernama tanin. Selain itu apel juga akan mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Tiada ulasan: