Rabu, 2 Disember 2015

Wortel Untuk Kesehatan, Mempertajam Pengelihatan dan Memelihara Kesehatan Jantung




Wortel salah satu jenis sayuran yang berbentuk umbi. Tentu sudah sangat akrab dengan keseharian kita. Biasanya digunakan untuk membuat masakan sop atau acar, bisa juga di tumis atau langsung dibuat jus sebagai minuman. Kandungan gizi pada wortel adalah Vitamin A, B, C, E, protein, karbohidrat, mineral, fitokimia, kalsium, fosfor,  pektin, serat, minyak atsiri, asam amino dan glukosa. Maka tak heran bila sayuran ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Inilah khasiat dari wortel :
a.      Mempertajam pengelihatan
Tentu kita sering mendengar bahwa bila ingin terhidar dari mata rabun maka sering-sering makan wortel. Memang benar adanya, wortel baik untuk mata. Kandungan vitamin A yang sangat tinggi serta karoten  yang membuat mata terhidar dari kebutaan.  Menurut WHO, kebiasaan mengkonsumsi wortel memang dapat mencegah kebutaan. Lalu masihkan kita sungkan untuk memasukan sayur ini kedalam daftar menu masakan. Memang wortel sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk jus, tapi bila dimasak dan diolah dengan cara yang tepat nilai gizinya tidak akan hilang.
b.      Baik untuk pecernaan
Wortel yang kaya akan serat maka sangat baik untuk pecernaan. Bila rutin mengkonsumi sayur ini maka akan terhindar dari sulit buang air besar atau sembelit. Sembelit selain berdampak pada perut buncit, juga tidak baik untuk kesehatan. Kanker usus yang mengintai, karena banyak kotoran yang harusnya terbuang malah melekat dinding usus.
c.       Kesehatan jantung
Jantung adalah organ tubuh yang menjadi tumpuhan harapan hidup. Penyakit jantung dulu hanya dikenal sebagai penyakit orang kaya tapi sekarang bisa menyerang siapa saja. Apalagi serangan radikal bebas dan gaya hidup yang tidak sehat.  Berapa penelitaan yang telah dilakukan, bahwa mengkonsumsi wortel secara rutin bisa mencegah penyakit jantung. Kandungan beta-carotene yang tinggi pada wortel yang memilihara kesehatan jantung.
d.      Mengontrol kolestrol
Bagi anda yang memiliki masalah kelebihan kolesetrol didalam tubuh.  Berhati-hatilah bisa sangat membahayakan, beresiko tinggi untuk terkena serangan stroke.  Serat pada wortel mampu menurunkan kadar kolestrol dan magnesium  membantu mengontrol kolestrol dalam tubuh.

Tiada ulasan: