Isnin, 30 November 2015

Mentimun Untuk Kesehatan, Mengobati Cacingan dan Gastritis (Maag)



Metimun biasanya dimakan menjadi lalapan dan dibuat jus, selain itu juga digunakan sebagai masker. Mentimun mengandung zat gizi magnesium,  besi, kabohidrat, protein, lemak, fosfor, Vitamin A, B, B2, B6, C, D, Folat, kalium. Maka tak heran bila buah ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Inilah manfaat mentimun yaitu
a.      Mengobati cacingan
Penyakit cacingan biasanya melanda pada anak-anak. Kebiasaan mereka yang masih suka bermain dan belum mengerti tentang kebersihan, membuat mudah terinfeksi cacing. Gejala yang biasa ditimbulkan yaitu perut buncit, lemas meski nafsu makan baik. Biji mentimun mengandung hipoxanti yang bisa membunuh cacing. Bila anak anda terdektesi cacingan, selain meminum obat cacing bisa juga memberikan metimun sebagai alternatif obat.
b.      Gastritis
Kebiasaan tidak teratur makan dan membiarkan lambung kosong untuk berapa saat menyebabkan asam lambung meningkat. Lama kelamaan menyebabkan peradangan pada lambung, biasa dikenal dengan penyakit maag. Bila maag sudah menyerang, makan salah tidak makan salah karena perut akan terasa sakit. Bila tidak ditangani dengan segera bisa berdampak pada kerusakan organ lain seperti liver. Kandungan air dan serat pada mentimun diyakini dapat mengobati masalah pecernaan. Konsumsi jus mentimun rutin setiap hari, maka lihatlah hasilnya dalam berapa minggu.
c.        Menurunkan suhu tubuh
Bila demam melanda karena sistem pertahanan tubuh sedang berperang melawan penyakit. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan suhu tubuh dengan  meminum jus mentimun. Kadar air pada buah ini mencapai 96 %, serta kandungan gizi sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mengkonsumsi mentimun dikala demam akan lebih efektif dibandingkan dengan air putih.
d.      Meringankan asam urat dan rematik
Mentimun yang kaya akan vitamin, kalsium, magnesium, dan kalium bila dijus dengan wartel maka bisa meredakan nyeri artris atau peradangan pada sendi. Sifat mentimun bisa menurunkan kadar asam urat pada darah. Maka dari itu memasukan mentimun dalam daftar menu makanan anda tentu menjadi pilihan yang tepat dalam mencegaj asam urat dan rematik.

Tiada ulasan: