Khamis, 19 November 2015

Resep Bumbu Pecal Awet Sampai Berbulan-Bulan Tanpa Pengawet



Siapa yang tidak suka makan pecal, selain rasanya yang enak, juga termasuk makanan sehat. Kuliner Indonesia yang tak hanya digandrungi oleh warga lokal tapi juga turis asing. Termasuk saya yang sangat memfavorite makanan ini. Pecal biasanya setelah dibikin langsung dimakan. Tapi saya mau sedikit berbagi tips,  ini berdasarkan pengalaman pribadi sebagai anak kost. Ehms, ngak asyik  banget  kalau anak kost stok mei instan melulu. Mau jadi apa tuh perut bisa keriting. Tak hanya anak kost sebenarnya ibu rumah tangga juga bisa menyetok bumbu pecal yang awet berbulan-bulan kalau disimpan di kulkas tapi kalau di ruang terbuka paling awet dua mingguan. Lumanyankan, kalau mau makan pecel tinggal merebus sayur. Dikasih bumbu pecel dan diaduk siap deh disantap. Inilah resep bumbu pecal awet tanpa pengawet :
a.         Bahan
·         Kencur 3 potongan kecil
·         Gula merah ukuran sedang 2 buah
·         Bawang putih 2 buah
·         Kacang goreng 2 ons
·         Cabe rawit 10 biji (sesuai selera)
·         Garam secukupnya
·         Asam jawa secukupnya
b.        Cara membuat
·         Kencur, bawang putih, cabe, dan garam di haluskan. Setelah halus tambahkan asam jawanya ulek-ulek sampai merata.
·         Haluskan kacang terlebih dahulu, bisa langsung pakai ulekan atau diblender. Lalu campurkan dengan bumbu kencur yang telah halus, ulek-ulek sampai merata. Setelah itu, ulek gula merah bersamaan dengan kacang yang telah bercampur dengan bumbu, sampai menjadi satu.
·         Bumbu pecal yang telah merata, diberi air sekitar satu sampai dua sendok makan, sehingga agak sedikit lunak.
·         Bumbu pecal  simpan di mangkok yang tertutup kedap udara, simpan di suhu ruangan bila tidak ada kulkas. Bisa dikonsumsi kapan saja kita mau. 


·      Bumbu pecal siap untuk disajikan bersama rebusan sayuran, tinggal disantap. 









Tiada ulasan: