Isnin, 23 November 2015

Melon Untuk Kesehatan, Mencegah Stroke dan Mengobati Panas Dalam



Melon sangat enak disantap saat panas terik, bisa dimakan langsung atau dibuat jus. Terasa segar dan menjadi penghapus dahaga. Rasa yang manis, membuat siapa saja menyukai buah ini. Kandungan gizi yang terdapat dalam melon adalah vitamin A, B, C, kalium,  likopen, karotenoid. Maka tak heran buah melon sangat baik bagi tubuh. Inilah manfaat buah melon bagi kesehatan yaitu
a.      Mencegah stroke
Stroke menempati urutan paling atas menjadi penyakit yang mengundang kematian. Stroke terjadi karena emboli yang menyumbat pembuluh darah di otak atau  bisa juga disebabkan tekanan darah  yang tinggi, semua itu akan berdampak pada pecahnya pembuluh darah. Tahukah anda bahwa melon mengandung senyawa anti-koagulan yang bernama adenosine. Zat ini memiliki fungsi menghentikan pengumpalan pada sel darah yang bisa menyebabkan stroke atau jantungan. Selain itu, kandungan potassium pada buah melon bisa menurunkan tekanan darah. Mengkonsumsi melon dengan makan langsung atau dibuat jus bisa mencegah anda dari penyakit stroke apalagi yang memiliki riwayat darah tinggi.
b.      Meredam panas dalam
Melon yang mengandung 95% air, sangat baik untuk meredam panas dalam. Bila mengkonsumi melon maka akan terasa sejuk karena kaya akan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.
c.       Memelihara kesehatan ginjal
Buah melon juga baik bagi kesehatan ginjal karena efek deuritik yang ditimbulkan bila mengkonsumi buah ini. Maka tak heran,  anda akan sering kekamar mandi. Secara tidak langsung membantu kerja organ ginjal.
d.      Melancarkan buang air besar
Bagi anda yang menderita sembelit, buah melon bisa menjadi solusi dari permasalahan tersebut.  Kandungan serat pada buah melon yang tinggi  akan melancarkan buang air besar.  Serat pada buah melon hampir sama dengan pepaya.
e.       Sebagai anti kanker
Kanker penyakit yang paling menakutkan setiap orang, tak ada satupun orang didunia ingin mengidap penyakit ini. Tak terbayang bilang kanker telah menyerang hidup terasa suram. Tapi tenang, sebelum itu terjadi, buah melon terbukti secara ilmiah mengandung senyawa karatenoid yang tinggi. Senyawa yang bisa mencegah perkembangan sel kanker. Maka dari itu jangan sungkan untuk memasukan buah melon dalam menu santapan harian anda

Tiada ulasan: