Ahad, 1 November 2015

Kencur Untuk Beragam Kesehatan dan Mengatasi Keracunan Jamur



Kencur adalah salah satu bumbu dapur yang tentu sudah sangat akrab dengan ibu-ibu. Kencur selain sebagai bumbu juga biasa di gunakan buat minuman jamu. Daunnya yang muda biasa juga digunakan sebagai lalapan. Kencur memiliki khasiat untuk kesehatan dan mengatasi keracunan jamur serta  sebagai obat pelangsing. Kandungan zat yang terdapat dalam kencur adalah borneol, methyl-p-cumaric acid, cinnamicacid ethyl ester, pebtadecane, cinnamic aldehyde, camphene. Ini beragam manfaat kencur yaitu
a.    Obat  tetanus
Kencur seukuran 3 jari, tambahkan dengan daun jinten setengah gengam dan daun ngokilo 18 lembar. Cuci bersih ramuan  serta potong kecil-kecil, lalu rebus dengan  tiga gelas air, tambahkan gula aren sebongkahan kecil atau sepotongan. Biarkan air rebusan sampai menjadi 3/4, lalu dinginkan . Ramuan diminum 3 kali sehari.
b.    Muntah-muntah
Jahe ukuran kecil sebesar ibu jari, cuci bersih lalu kunyah bersama garam, setelah halus kencur ditelan kemudian minum air hangat, lakukan dua kali sehari.
c.    Keracunan Jamur
Kencur ukuran sebesar ibu jari, daun sambilito1/3 gegaman dan daun jintan hitam 1/4 gegaman. Tumbuk bahan sampai halus, tambahkan dengan air masak 3/4 gelas. Peras dan lakukan penyaringan, minum ke penderita yang sudah muntah-muntah. Cukup minum satu kali sehari.
d.    Khasiat lain
Minum  air beras kencur bisa menghangatkan tubuh, menambah daya tahan serta menghilangkan kelelahan yang seketika menyerang.

Tiada ulasan: