Rabu, 11 November 2015

Melati Untuk Kesehatan, Mengobati Gigitan Binatang serta Menghilangkan Bekas Cacar



Melati memiliki bunga yang berwarna putih dengan aroma yang  harum, mengoda siapa saja untuk memetiknya. Biasa ditanam sebagai bunga hias di pekarangan rumah. Dikampung saya melati mudah ditemui malah sengaja ditanam di kebun.  Bunganya suka dimanfaatkan sebagai pewangi ruangan. Aku jadi teringat, saat dulu ibu menggunakan agar melati untuk menghilangkan bekas cacar yang ada ditubuh, alhamdulilah hilang. Kandungan zat terdapat pada melati adalah asam format, asam asetat, linalool, jasmone, phytol, phytyalacetate.  Inilah khasiat melati yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari.
a.         Digigit binatang atau bengkak
Ambil daun atau bunga melati secukupnya.  Lalu haluskan, tempelkan pada bagian tubuh yang sakit atau habis digigit binatang.
b.         Membersihkan bekas cacar
Biasanya cacar akan meninggalkan bekas di badan penderita. Akar melati bisa menjadi solusi. Ambil Akar melati lalu redam dengan segelas air. Teteskan air tersebut ke bagian tubuh yang terdapat bekas cacar dengan menggunakan akar tersebut. Maka akan terasa dingin. Lakukan rutin setiap hari, biasa setelah tiga hari akan kelihatan hasilnya. Bintik-bintik hitam akan menghilang.
c.         Mata meradang atau memerah
Petik bunga melati, sebanyak satu gegaman tangan. Rebus dengan dua gelas air. Minum air rebusan dan sebagian lagi digunakan untuk mencuci mata.
d.        Produksi asi yang berlebihan
Ada ibu memiliki masalah pada produksi asi yang berlebihan sampai baju bisa basah. Ini tentu akan sangat mengangu dan mengurangi rasa percaya diri, apalagi pada ibu yang juga bekerja d iluar rumah. Ini salah satu yang mungkin bisa dilakukan. Ambil bunga dan daun melati secukupnya. Memarkan lalu tempelkan  di sekitar payudara. Lakukan dengan mengantinya berapa kali.

Tiada ulasan: