Selasa, 10 November 2015

Resep Membuat Risoles Lembut, Garing, Gurih Tanpa Penyedap Rasa



Risoles makan yang sangat cocok dimakan kapan saja, disantap sendiri atau bersama keluarga.  Risoles ini banyak dijual menjadi jajanan pasar,  dengan harga yang bersahabat di kantong. Bagi anda yang ingin membuat sendiri di rumah bisa mencoba resep ini, memang ribet sih kalau bikin sendiri lebih enak beli  jadi. Tapi ada kepuasan tersendiri bila kita berhasil membuat suatu masakan.  Kita bisa bekreasi sesuka hati, selain itu lebih sehat dan terjamin kebersihannya. Inilah resep cara membuat risoles alah-alah saya sendiri.
a.    Bahan kulit
·         Terigu  1 gelas
·         Tepung  tapioka 1 gelas
·         Telor 1 biji
·         Bumbu (bawang putih dua siung, merica  dan garam secukupnya  lalu haluskan)
·         Air satu 1 gelas
b.    Bahan  Isi
Isi risoles sebenarnya bisa suka-suka kita, mau pepaya muda, isi mei sohun, atau campuran wartel, kentang, daun selederi yang bersama suiran ayam atau telor. Isi harus ditumis terlebih dahulu. Bahan isi yang  umum  dipakai yaitu dengan menggunakan kentang dan wartel. Jadi siapkan saja  satu buah kentang, satu  buah wartel, dan setangkai seledri. Potong kecil-kecil lalu tumis. Bumbu tumisnya sama dengan bumbu kulit. Saya biasa  membuat isi dari tempe yang telah dihancukan dan ditumis atau kadang juga dari tahu. Pokoknya suka-sukalah. Tapi yang umum biasanya wartel dan kentang.
c.     Cara membuat
·         campurkan semua bahan menjadi satu, aduk sampai merata bersama bumbu. Sampai terlihat agak encer. Panaskan wajan atau templon, beri sedikit minyak. Masukan sedikit adonan, bulatkan sampai merata. Angkat bila sudah terlihat matang. Sampai andonan habis.
·         Masukan isi kedalam kulit, lalu lipat seperti membentuk amlop. Lalu gulung. Lakukan sampai bahan habis.
·         Panaskan wajan dengan minyak untuk mengoreng, setelah panas kecilkan kompor lalu goreng risoles.
·         Bila sudah tampak kuning, maka angkat. Lalu tiriskan sampai tidak ada minyak yang menetes. 
·         Risoles siap disantap bersama keluarga.
           




Tiada ulasan: