Ahad, 15 November 2015

Serai Untuk Kesehatan dan Menghilangkan Rasa Pegal



Serai biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, aroma yang khas dan wanggi. Tanaman tumbuh seperti ilalang, tapi beda. Batangnyalah yang biasa dipakai.  Kandungan pada serai yaitu geraniol, citronelal, eugenol-metil eter, sitral, dipenten, eugenol, kadinen, kadinol dan limenon.  Maka tak heran bila serai memiliki khasiat untuk kesehatan. Inilah manfaat serai
a.         Menghilangkan rasa  pegal
            Bagi anda yang bekerja tiada henti biasa badan akan terasa pegal dan terasa sakit. Tapi ada salah satu cara yang bisa dilakukan agar tubuh kembali segar tanpa pijet, yaitu dengan menggunakan serai. Siapkan 600 gram serai segar bersama akarnya. Rebus dengan air sampai mendidih, gunakan air rebusan tersebut untuk mandi. Mandilah saat air masih hangat.
b.         Obat batuk
            Banyak obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasi batuk, salah satunya dengan air rebusan serai, insyallah mujarab tak kalah dengan minum air perasan jeruk. Siapkan 600 gram serai segar lalu keringkan. Setelah itu, rebuslah dengan air secukupnya. Minum air rebusan serai itu secara rutin dua kali sehari, pagi dan sore sampai batuk mereda.
c.          Nyeri atau ngilu
            Bagi badan yang terasa ngilu dan nyeri karena kecapekan atau habis mengangkat beban berat. Tanaman serai dipercaya ampuh mengatasi permasalahan tersebut. Tanaman serai disuling untuk diambil minyak asrinya. Minyak serai  digosokan pada bagian yang sakit. Selain itu dapat juga batang serai segar direbus dengan sedikit air, lalu dicampur dengan air dan dioleskan pada sendi yang ngilu
                   Itulah manfaat serai bagi kesehatan, salah satu tumbuhan yang merupakan ciptaan tuhan menyimpan segudang khasiat. Maka memasukannya dalam daftar menu masakan tidak ada salahnya.

Tiada ulasan: