Isnin, 9 November 2015

Brotawali untuk kesehatan dan mengobati korengan serta penyakit kulit lainnya



Brotawali, tanaman liar yang biasa tumbuh di hutan tapi telah banyak dibudidayakan diperkarangan rumah, itu tak lepas dari khasiat sebagai obat herbal. Biasanya brotawali ini digunakan oleh ibu-ibu yang ingin menyapih anaknya. Getah dioleskan ke puting sehingga saat bayi mau menyusu akan menolak karena rasa pahit yang dirasakan. Cara ini sebenarnya cukup ampuh dan sama sekali tidak berbahaya. Brotawali diduga berasal dari Asia tenggara.  Kandungan kimia yang terdapat didalamnya adalah alkoid, damar lunak, pati, glikosida pikroretosid, zat pahit, pikrotein, harsa, berberin dan palmatin.  Ini beragam manfaat dari brotawali :
a.    Obat koreng dan  luka
Rebus batang brotawali, lalu bersihkan koreng atau luka dengan menggunakan air rebusan. Duan brotawali dihaluskan lalu tempelkan pada bagian daerah yang bermasalah, ganti dua kali sehari. Lakukan secara rutin sampai terlihat tanda-tanda perbaikan.
b.    Kudis pada anak-anak
Bila anak anda terkena kudisan, ini salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Batang brotawali sekitar 1 meter, lalu potong kecil-kecil, lalu rebus dengan 4 liter air hingga mendidih. Campur air rebusan bersama air dingin, lalu redam sang anak kedalam air rebusan air brotawali. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
c.    Demam
Brotawali juga berkhasiat mengatasi demam, dengan cara meminum air rebusan  batang brotawali dengan campuran madu. Ambil brotawali seukuran jari telunjuk, rebus dengan dua gelas air hingga tinggal satu gelas. Minum  setengah gelas air rebusan, sebanyak dua kali sehari.
d.   Penambah nafsu makan
Bagi anda yang sulit dan tidak nafsu makan, mungkin bisa mencoba ramuan ini sebagai solusinya. Siapkan daun brotawali 3 helai, batangnya 30 gram dan air 2 liter. Minum rebusan satu gelas sehari secara rutin selama satu minggu.
            Selain mengobati beragam penyakit tersebut, rebusan brotawali juga memiliki khasiat dalam menyembuhkan rematik, memar, demam kuning dan sebagai obat kencing manis. Meski memiliki beragam khasiat brotawali cukup sulit untuk ditemukan karena perkembangan zaman dan lahan perkarangan rumah yang semakin menyepit.


Tiada ulasan: