Rabu, 25 November 2015

Bengkuang Untuk Kesehatan, Mengobati Wasir Serta Diabetes Melitus



Bengkuang merupakan jenis umbian yang dimakan secara langsung tanpa dimasak terlebih dahulu. Kandungan gizi pada bengkuang adalah kalsium, fosfor, besi, protein, kabohidrat serta vitamin. Mengkonsumsi bengkuang sangat baik bagi tubuh dalam pemenuhan nutrisi. Inilah manfaat bengkuang bagi kesehatan
a.      Mengobati wasir
Penyakit wasir bermula dari susah buang air besar atau sembelit, mengejan yang terlalu lama. Gejala yang dirasakan adalah keluar darah saat buang air besar dan dubur yang menyebul keluar. Ini menjadi alaram karena ada kemungkinan akan terserang kanker usus. Tapi tenang mengkonsumi bengkuang bisa mengatasi wasir yang ada derita. Cukup minum jus bengkuang setiap pagi pas bangun tidur. Maka BAB akan lancar karena kandungan serat pada bengkuang yang tinggi.
b.      Mengobati demam
Demam terjadi karena ada peradangan didalam tubuh. Sistem imun lagi berperang sekuat tenaga melawan bakteri atau virus. Tubuhpun memberikan peringatan dengan suhu yang meningkat, hingga kitapun akan menjadi lemas agar aktivitas berkurang dan energi tidak banyak terbuang. Mengkonsumsi bengkuang saat demam, bisa menjadi obat yang tepat. Ini tak lepas dari kandungan gizinya. Bengkuang juga memiliki sifat kimiawi yang mendinginkan, bisa dimakan secara langsung atau dibuat jus. Konsumsi pagi dan sore.
c.       Diabetes melitus
Diabetes melitus penyakit yang paling menakutkan dan menyeramkan. Seumur hidup harus ketergantungan dengan insulin dan makanpun harus dijaga. Mengkonsumsi bengkuang, baik bagi penderita diabetes karena serat yang terkandung dapat menurunkan kadar gula darah dengan cara diserap. Konsumsi bengkuang sebaiknya dibuat jus atau diparut lalu disaring. Minum pagi dan sore hari secara rutin, maka kadar gula akan berada pada batas normal.
d.      Menurunkan kadar kolesterol
Jangan remehkan kolesterol bila dia berlebihan didalam tubuh maka akan mengikuti aliran darah yang bisa menjadi emboli. Bila dia tersangkut di kepala bisa menyebabkan stroke, bila di jantung maka akan terjadi serangan jantung, bila di paru maka akan terjadi emboli paru. Kandungan serat, air dan vitamin C pada bengkuanglah yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Maka jangan sungkan untuk mengkonsumi bengkuang dalam kesaharian. Selain harganya murah merah juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tak perlu mengeluarkan uang berjuta-juta.

Tiada ulasan: