Khamis, 19 November 2015

Manfaat Selasih Untuk Kesehatan dan Obat Sakit Gigi Serta Penenang



Selasih sering digunakan sebagai campuran minuman, biasanya biji selasih yang diredam dengan air hangat akan mengembang. Dulu sering minum air hangat yang dicampur bersama selasih dan diberi sedikit gula sebagai obat panas dalam. Cukup mujarab dan sangat ampuh. Kandungan yang terdapat pada selasih yaitu fitokimia, ocimene, alpa-pipine, cineole, planteose, asam palmiat, oleat, stearat, dan linoleat, geraniol, methylchavicol, eugenole. Maka tak heran bila selasih memiliki beragam khasiat untuk kesehatan diantaranya
a.    Obat sakit kepala
Bagi anda suka merasakan sakit kepala, mungkin karena kurang tidur atau kecapekaan atau suka terpapar cahaya matahari yang terlalu lama. Minum air selasih mungkin bisa menjadi solusi. Siapkan 5gr biji selasih rebuslah dengan 15 gr jahe dan 15 gr buah angco dengan menggunakan suhu 400cc.  Saringlah ramuan tersebut minum selagi hangat.
b.    Sebagai penenang
Kandungan fitokimia pada selasih yang memiliki efek penenang. Bagi anda yang sedang gugup atau merasa gelisah, gundah dan gulana. Maka selasih mungkin bisa mengatasi permasalahan tersebut. Seduhlah 5gr biji selasih dengan air mendidih. Lalu minumlah 2 sendok teh dalam satu kali minum.
c.    Obat sakit gigi
Bila sakit gigi melanda, dunia terasa sedang mengalami gempa bumi atau becana hebat lainnya. Makan tak enak, tidurpun tak nyenyak yang ada hanyalah uring-uringan, pengen melahap apa yang ada dihadapan, siapapun yang lewat kena damprat. Ehms… ini ada solusinya biar sakit gigi hilang tak bersisa. Ambilah 10 gr biji selasi rebus bersama 4 butir cengkeh dengan air yang mendidih. Minum air tersebut selagi hangat.
d.   Mengatasi radang lambung
Bagi anda yang suka telat makan, karena terlalu sibuk atau sedang menjalani diet ketat sehingga tak disadari lambung meradang karena sering kosong.  Perih tak terkira saat sakit itu menyerang. Ambilah 5 gram biji selasih rebus sampai mendidih, lalu campurkan dengan satu sendok madu murni. Minum air rebusan selasih selama dua kali sehari, secara rutin.

Tiada ulasan: