Ahad, 29 November 2015

Semangka Untuk Kesehatan, Membersihkan Ginjal dan Mengobati Infeksi Kandung Kemih



Buah yang satu ini, sangat pas disantap saat siang bolong sebagai pelepas dahaga. Selain disantap secara langsung, buah ini juga enak dibuat jus dan campuran es buah. Kandungan zat gizi pada semangka adalah protein, air, kabohdirat, lemak, serat, abu, vitamin, asam amino, sirulin, asam aminoasetat, asam malat, asam folat, arginin, likopen, karoten, bromine, natrium, kalium, silvit, lisin, fruktosa, dekstrosa dan sukrosa. Maka tak heran bila buah semangka sangat baik untuk kesehatan tubuh. Inilah manfaat dari mengkonsumsi buah ini yaitu
a.      Membersihkan ginjal
Ginjal memiliki fungsi sebagai penyaring darah, dan membuang zat yang tidak berguna dalam urin. Semangka mengandung banyak kalium, sehingga racun-racun yang melekat pada ginjal bisa dibersihkan. Selain itu, semangka juga memiliki fungsi mengurangi konsetrasi asam urat ditubuh, bila asam urat berada batas normal, kerja ginjalpun bisa maksimal dan kemungkinan untuk batu ginjalpun tidak akan terjadi.
b.      Meningkatkan kesehatan mata
Mata adalah organ tubuh yang sangat penting. Bila mata kita rusak maka gelaplah seluruh dunia ini. Sebelum itu terjadi maka sebaiknya jagalah kesehatan mata anda. Salah satu cara dengan mengkonsumi buah semangka. Kandungan vitamin A dan beta karoten inilah yang berkhasiat buat mata.
c.       Mengobati infeksi salurah kemih
Ayang-ayangan kalau kata orang awam atau sedikit-sedikit mau kencing dan terasa sakit. Itu tandanya bahwa ada infeksi di saluran kemih. Kandungan fitonutrien pada semangka mampu mengatasi masalah ayang-ayangan karena buah ini merangsang keluarnya air seni lebih deras.  Maka tak heran, bila anda suka makan semangka akan sering kekamar mandi, buat buang air kecil.
d.      Mencegah kanker
Kanker penyakit yang mematikan, tapi bila sebelum itu terjadi anda bisa mencegahnya.  Kandungan Lypocene pada semangka diyakini dapat memperbaiki jaringan yang rusak. Selain itu, buah ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam meningkatkan sistem imun. Bila sistem imun baik maka virus atau bakteri yang hadir bisa teratasi dan dibasmi oleh antibodi.

Tiada ulasan: