Khamis, 5 November 2015

Enzim Untuk Kesehatan dan Tanpanya Maka Tidak Akan Terjadi Metabolisme



Sebagian kita tentu sudah tidak asing lagi dengan  enzim, tentu di bangku sekolah dulu sekali lintas pernah dipelajari pada mata pelajaran biologi. Untuk melakukan metabolisime makanan tubuh manusia dibantu oleh enzim maka nutrisi itu bisa sampai ke sel. Terbayang tidak bila tubuh kekurangan enzim maka akan menyebabkan kekurangan gizi karena sistem tubuh tidak bekerja maksimal. Menurut Jhon william dalam buku dahsyatnya enzim menyatakan bahwa kekurangan enzim secara kronis mengalami malgizi yang berdampak pada penurunan berat badan dan daya tahan tubuh menurun. Kekurangan enzim pada akhirnya dapat mengakibatkan nyeri ulu hati, rasa tidak nyaman, mual, muntah, perut terasa kembung, seringnya bersandawa (hal, 18)
            Enzim ini tersusun dari protein. Enzim bisa didapatkan melalui makan yang banyak mengandung mineral seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan ikan yang tentu harus segar dan tidak mengandung bahan kimia serta petisida. Sayuran terbaik adalah memang yang dipetik langsung terus dikonsumsi. Selain itu, mengkonsumsi sayuran mentah lebih baik dibandingkan dengan yang telah diolah tapi kembali lagi bila memang mau dimasak jangan sampai kematangan yang menyebabkan nilai gizi hilang. Enzim sangat sensitif dengan panas. Kurangi makanan yang berlemak, keju serta coklat. Ini ada  jenis enzim yang ada pada tubuh yaitu
a.    Enzim ptialin
Enzim yang terdapat didalam air ludah memiliki fungsi untuk mengubah zat tepung menjadi glukosa. Itulah mengapa mengkonsumsi buah-buah lebih baik dimakan langsung daripada di jus, karena ada peran enzim disana.
b.    Enzim Amilase
Amilase dihasilkan oleh kelenjar ludah dan pankreas, berfungsi dalam memecah molekul amilum menjadi sakarida lalu dirubah menjadi maltosa
c.    Enzim maltase
Enzim yang terdapat pada usus dua belas jari,  berfungsi memecah maltosa menjadi glukosa yang  bisa di bawah oleh darah keseluruh tubuh untuk memenuhi asupan energi sel.
d.   Enzim Pepsin
Berfungsi memecah protein menjadi molekul yang lebih sederhana menjadi pepton.
e.    Enzim tripsin
Enzim ini yang akan merubah pepton menjadi asam amino.  Zat inilah yang akan dibawah keseluruh sel sebagai makanan dan sumber energi bagi mereka.
f.      Enzim renin
Dihasilkan oleh lambung untuk mengendapkan kasein pada air susu, sehingga protein susu dapat dicerna oleh tubuh.
g.    Asam Kholorida (HCL)
Asam lambung yang dihasilkan oleh dinding lambung yang berfungsi untuk membunuh mikroorganisme tertentu yang terkadang masuk bersama makanan.
h.    Cairan empedu
Cairan yang dihasilkan oleh hati, berfungsi dalam memecah lemak menjadi molekul-molekul halus membentuk emulisi. Selanjutnya akan diolah kembali menjadi bentuk yang lebih sederhana.
i.      Enzim lipase
Memecah lipid menjadi asam lemak sehingga bisa diangkut oleh cairan getah bening, untuk memenuhi kebutuhan sel tubuh.
            Itu sekilas tentang fungsi dari enzim, bagaimana sebuah makanan diubah menjadi lebih kecil lagi sehingga milyaran sel yang ada di tubuh bisa makan dan terpenuhi nutrisinya, sel yang sudah tua bisa cepat melakukan regenrasi. Terbayang bila tubuh kekurangan enzim kabohidrat tidak bisa dipecah, protein juga, maka sel-sel tubuh kekurangan asupan nutrisi yang tentu berdampak pada sistem imun. Bila sistem imun lemah maka beragam penyakit akan mudah menyerang dan tubuh gampang sakit.

Tiada ulasan: