Jumaat, 27 November 2015

Buah Naga Untuk Kesehatan, Menurunkan Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Tulang



Berapa tahun terakhir buah naga cukup booming di Indonesia, saat ini telah banyak dibudidayakan oleh para petani. Jadi harga buah ini tidak semahal waktu pertama muncul. Bisa dinikmati oleh berbagai kalangan dan kelas. Zat yang terkandung pada buah naga adalah protein, serat, kabohidrat, zat besi, vitamin, betakaroten, fosfor, kalsium, niasin. Inilah manfaat buah naga untuk kesehatan yaitu
a.      Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Kandungan fosfor dan kalsium pada buah naga cukup tinggi, maka mengkonsumsinya akan sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Buah ini bisa menjadi penganti susu penguat tulang dan menjadi salah satu alternatif dalam mencegah penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang.
b.      Meningkatkan nafsu makan
Ada banyak cara sebenarnya untuk meningkatkan nafsu makan, salah satunya  buah naga. Ini tak lepas dari kandungan vitamin B1 dan B2 yang merupakan bahan baku dalam peningkatan nafsu makan. Ini bisa menjadi solusi tepat bagi ibu-ibu yang menghadapi anak-anak yang susah buat makan. Buah ini tentu sangat disukai oleh anak-anak  karena rasanya yang manis dan menyegarkan.
c.       Menurunkan kadar kolesterol
Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah tertentu, tapi bila  berlebihan maka akan menyebabkan beragam penyakit salah satunya  jantung. Maka dari itu, jangan remehkan bila ada tanda-tanda seperti nyeri ditekuk, pusing kepala. Kandungan vitamin B3 pada buah nagalah yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol.
d.      Meningkatkan kekebalan tubuh
Bila sistem imun kuat, apapun bentuk virus dan bakteri yang datang maka akan dengan mudah dibasmi oleh sistem pertahanaan tubuh. Mengkonsumi buah naga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Karena kandungan vitamin C sebagai penangkal radikal bebas dan  zat besi sebagai pembentuk sel-sel darah merah.
e.       Mencegah diabetes melitus
Kandungan kadar gula pada buah naga cendrung rendah, bagi penderita diabetes tak perlu takut mengkonsumsi buah ini.  Buah naga bisa membasmi sel jahat yang dihasilkan oleh prilaku yang tidak sehat seperti makanan siap saji, dan instan. Maka dari itu jangan sungkan untuk memasukan buah naga kedalam daftar makanan anda.

Tiada ulasan: