Jumaat, 30 Oktober 2015

Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Batuk




            Belimbing wuluh, rasa asam yang menjadi ciri khasnya. Buah yang satu ini biasa di olah menjadi bahan pepes ikan, sambal ataupun sebagai bumbu pelengkap sebuah masakan. Belimbing wuluh biasa ditanam di perkarangan rumah meski sekarang sudah jarang terlihat. Selain sebagai bumbu masak belimbing wuluh memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Kandungan gizi yang terdapat belimbing wuluh adalah protein, fiber, fosfor, kalsium, zat besi, thiamine, riboflavin, karoten,  ascorbic, niacin.
a.    Sebagai obat darah tinggi
Siapkan 3 buah belimbing wuluh dan biji srigading  sebanyak 25 gram yang lupa dicuci bersih. Haluskan biji srigading lalu rebus bersama belimbing wuluh. Dinginkan sebentar lalu saring, ramuan ini cukup diminum satu gelas sehari selama seminggu. Dan jangan lupa pantau tekanan darah anda setiap hari, bila berada pada batas normal maka pemakainan bisa dihentikan. Minum obat ini bila gejala tekanan darah tinggi timbul seperti pusing kepala.
b.     Sebagai obat jerawat
Bagi anda yang memiliki masalah dengan jerawat di wajah, maka bisa menggunakan belimbing wuluh sebagai pembersihnya. Siapkan 3 buah belimbing wuluh, cuci dan selanjut diparut dan beri sedikit garam. Tempelkan pada wajah yang terkena jerawat sebanyak dua kali sehari.
c.    Gusi berdarah
Bila anda memiliki masalah pada gusi yang suka mengeluarkan darah, mengkonsumsi belimbing wuluh bisa menjadi obat yang mujrab. Bisa dimakan dengan cara olahan atau dibuat manis, asalkan rutin memakan setiap hari.
d.    Sebagai obat batuk
Belimbing wuluh juga memiliki khasiat sebagai obat batuk, ambil sekitar 10 buah belimbing wuluh bersama bunganya. Lalu rebus dengan dua gelas air, biarkan sampai mengering hingga tersisa satu cangkir. Lalu minum air rebusan itu secara rutin dua kali sehari, insyallah setelah 3 hari batuk akan mereda.

Tiada ulasan: