Sabtu, 10 Oktober 2015

Bayam Untuk Kesehatan Mata dan Mencegah Katarak




            Seorang ahli mata Steven Part California, selalu menyarankan kepada pasiennya untuk mengkonsumsi bayam secara rutin untuk kesehatan mata. Bayam memiliki zat yang bernama letuin yang bermafaat mencegah kemunduran pengelihatan karena usia. Fungsi pusat retina yang menurun menyebabkan penderita tidak bisa melihat dengan jelas, hanya sebentuk titik kosong atau bisa juga betul-betul gelap.  Selain itu letuin dan  zeaxanthin  pada bayam juga  menghentikan dan mencegah penyakit katarak. Penurunan fungsi pengelihatan karena kerusakan sel yang membentuk garis pada  lensa. Katarak terjadi karena efek dari paparan sinar matahari dan kerusakan sel akibat dari radikal bebas yang mengurangi jumlah protein di mata.
            Sebuah penelitian terbaru di Harvad  pada 77.466 orang perawat yang berusia lebih dari 45 tahun selama 12 tahun. Para perawat yang mengkonsumsi makan kaya letuin 22 persen lebih kecil untuk mengalami operasi katarak dibandingkan dengan yang kurang memakan sayuran yang mengandung letuin dan zeaxanthin . Selain itu penelitian Journal Of Medical Association menunjukkan hasil  yang rutin mengkonsumsi makan mengandung letuin (bayam) memiliki resiko kemunduran pusat retina 43 persen dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi. Billy hammond seorang profesor ilmu pengetahuan di Universitas Goergia melakukan perbandingan pria dan wanita normal dan sehat di usia 60-70 tahun dengan anak muda yang berusia 20-30 tahun. Diapun menarik kesimpulan bahwa orang berusia lanjut tapi banyak memakan-makanan terdapat letuin dan zeaxanthin memiliki pengelihatan yang tidak jauh berbeda dengan kelompok yang berusia muda.
            Selain itu, mendapatkan kesehatan mata bayam juga memiliki kandungan nutrisi vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Maka mengkonsumsi bayam secara rutin setiap pekannya akan membuat mata lebih sehat dan badan terasa lebih bugar. Maka jadikan bayam dalam menu yang terhidang di meja.

Sumber
James A Josep, Ph.D, dkk. Color code: A revulutiontnary eating plan for optimun health.2002. hyperion : New York

Tiada ulasan: