Isnin, 26 Oktober 2015

Beragam Manfaat Jahe Untuk Kesehatan dan Obat Rematik



Jahe termasuk rempah-rempah yang diburu oleh bangsa lain sebelum kemerdekaan. Khasiatnya untuk menghangatkan tubuh dan sebagai bumbu masak, sudah menjadi rahasia  umum  apalagi negara-negara beriklim salju. Jahe sangat mudah tumbuh di daerah tropis, maka tak heran bila tanaman ini akan mudah ditemui. Kita juga bisa menanam jahe diperkarangan rumah atau di pot. Jahe mudah tumbuh asalkan tanah lembab dan tercukupi sinar matahari.  Jahe mengandung minyak asiri yang terdiri dari n-noylsldehide, d-camphene, cineol, geranol, linalool, acetates, citral, chavicol, zingiberene  dan mengandung resin, tepung kanji serta serat.  Beragam manfaat jahe untuk kesehatan yaitu
a.    Jahe sebagai obat remantik
Remantik  banyak  menyerang kaum ibuk-ibuk saat usia diatas kepala 40 tahun memiliki gejala nyeri di tumit, sakit saat berjalan, tampak kemerahan. Jahe diyakini dapat mengobati penyakit rematik. Ambil dua rimpang jahe, panaskan diatas api atau bara sampai terbakar. Kemudian ditumbuk, sehingga tampak pecah-pecah, tempel pada bagian tubuh yang sakit. Lakukan rutin setiap hari sampai rasa sakit itu berkurang.
b.    Jahe sebagai obat eksim
Penyakit kulit yang gejalanya terasa gatal-gatal, mengelupas dan terkadang menimbulkan air disebabkan oleh jamur atau bakteri. Kulit menjadi jelek dan menimbulkan rasa tidak nyaman karena terkadang disertai perih bila terkena air. Jahe berkhasiat untuk mengobati penyakit eksim. Parut satu rimpang jahe, lalu peras ambil airnya. Serta parutlah lobak lalu campur dengan air perasan jahe. Lalu oleskan pada bagian tubuh yang tekena eksim, biasanya dalam hitungan minggu kulit akan membaik dan penyakit sudah berkurang. Lakukan rutin setiap hari.
c.    Jahe untuk pecernaan
Mengkonsumsi minuman jahe, dapat meningkatkan nafsu makan, memperkuat lambung dan pecernaan. Bila anda mabuk saat perjalanan sebaiknya minum air jahe yang dicampur dengan gula merah, maka kondisi tubuh akan lebih cepat membaik. Hal ini disebabkan karena minyak yang dikeluarkan oleh jahe dapat merangsang selaput lendir  lambung dan usus.

Sumber
 Muchlisah, Fauziah. Tanam obat keluarga. 2006. Jakarta : Penebar Swadaya.

Tiada ulasan: