Selasa, 20 Oktober 2015

Tetap Bisa Menanam Cabe Meski Kemarau, Inilah Caranya




            Ehms mendengar seorang teman mengatakan bahwa nantilah kalau mau menanam tunggu hujan dulu, mana bisa hidup kalau kemarau. Sekarang memang lagi kemarau tapi tidak menutup kemungkinan bila mau bercocok tanam. Tanaman bisa tetap tumbuh dengan baik asalkan ada air. Ini ada berapa cara yang bisa anda lakukan bila mau menanam sesuatu :
a. Siapkan tempat

            Kondisi tanah yang kering karena telah lama tidak tersapu hujan, sudah pasti tumbuhan tak mau hidup dan berkembang. Maka siram tanah tersebut pagi dan sore selama tiga hari, biarkan sedikit gembur dan air menyerap kedalamnya.  Tekstur tanah yang tidak kering lagi siap diberi semaian bibit.
b. Menyiapkan bibit
Siapkan bibit terlebih dahulu misal anda ingin menanam cabe. Maka cucilah cabe yang merah dan mulai membusuk, ambil bijinya.  Lalu redam biji untuk  berapa saat, taburkan ke tanah yang telah disiapkan. Jangan lupa untuk menyiram secara rutin. Maka dalam hitungan minggu bibit itu sudah bisa dipindahkan ke lahan yang lebih luas dan dengan susunan yang teratur. Bila dibiarkan menumpuk maka paling hanya satu, atau dua pohon yang bisa bertahan hidup.
c. Menanam bibit


            Menamam bibit  harus juga mempersiapankan  lahan sama seperti persiapan tempat bibit, dengan menyiram tanah terlebih dahulu. Setelah tanah sedikit gembur pindahkan bibit tersebut. Tekan-tekan sampai tanah memadat. Hal yang harus diperhatikan, selama satu minggu  harus rutin menyiram dua kali sehari dan memastikan tanah tetap basah. Bila bibit telah  tampak menghijau mulai tumbuh pucuk, cukup disiram pagi atau sore saja.
d. Bersihkan rumput

            Tanah yang gembur dan mendapatkan asupan air, tentu banyak rumput-rumput liar, maka bersihkan sekali-sekali. Biar tanaman itu bisa tumbuh lebih cepat dan berbuah. Biasanya cabe lebih kurang 2-3 bulan sudah mulai bisa di nikmati hasilnya.

            Inilah yang bisa ada coba bila ingin bercocok tanam tak hanya tanaman cabe, tapi bisa juga sayuran lain seperti labu, terong, sayur katu, kangkung, ubi jalar, kacang tanah. Semua bisa anda tanam memang butuh perawatan khusus karena hujan belum turun dari langit. Tapi hasil yang di dapatkan tidak jauh berbeda saat musim hujan. Selamat mencoba dan bermanfaat.

Tiada ulasan: