Ahad, 4 Oktober 2015

Daun dan buah berikut bisa mengobati dan mencegah malaria




 Saat musim hujan tiba nyamukpun berkembang dengan pesat. Maka penyakit malariapun banyak menyerang orang, tanpa padang bulu. Penyakit malaria adalah kerusakan sel darah akibat dari infeksi parasit  yang disebarkan oleh air liur nyamuk. Tanda dan gejala orang yang terindikasi malaria yaitu mengigil, berkeringat pada waktu demam, nyeri kepala, pucat dan lemas. Daun dan buah berikut bisa mengobati dan mencegah malaria adalah



a.    Daun pepaya
Rebusan daun pepaya cukup ampuh mengobati penyakit malaria. Kandungan zat yang terdapat didalamnya adalah Vitamin A, B, C, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi, dan kalori. Kompenen dari zat itu yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah.  Mengandung senyawa alkoid karpoin, senyawa inilah sangat ampuh membunuh mikroba dan menurunkan suhu tubuh. Ambil tiga lembar dauh pepaya yang berukuran sedang, rebus dengan segelas air. Lalu minum dua kali sehari, pagi dan sore.
b.    Jambu biji merah
Kandungan gizi pada jambu biji merah yaitu asam amino, pektin, kalsium, fosfor, besi, mangan, magnesium, belerang dan vitamin A, B1, C.  Bila rutin mengkonsumsi jus jambu biji maka trombosit dan sel darah merah yang rusak akan cepat diganti.  Selain itu, biji dari jambu ini memiliki khasiat mengobati malaria. Sebaiknya bila mau membuat jus bagian kulit, daging dan biji diblander semua. Jangan lupa cuci bersih jambu sebelum dibuat jus.
c.    Daun kemangi
Daun kemangi sangat mudah ditemui dan telah menjadi lalapan favorit orang Indonesia. Daun kemangi ternyata memiliki khasiat dalam mengobati  malaria. Kandungan yang terdapat pada daun kemangi adalah vitamin A, C, dan kolagen. Memiliki senyawa flavanoid, anethol, Apigenin, Argine, Borom. Anethol pada kemangi berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dan Apigenin bermanfaat melebarkan pembuluh darah dan mencegah pengentalan darah. Kemangi bisa dikonsumi secara langsung dengan porsi yang tentu lebih banyak dari biasa atau bisa juga minum air rebusan kemangi. Sebelum memakan kemangi jangan lupa cuci bersih dengan air mengalir serta dibilas dengan air matang agar petisida hilang.
            Sebaiknya setelah berapa hari dari mengkonsumi obat ini, bila tidak ada tanda dan gejala malaria lagi maka lakukan pemeriksaan darah dilaboratorium untuk memastikan bahwa tubuh benar-benar sudah tidak ada lagi parasit malaria.
           

Tiada ulasan: