Jumaat, 2 Oktober 2015

Buah-buah berikut memiliki manfaat sebagai anti kanker



a.    Nanas
Buah yang memiliki rasa asam manis ini, mudah ditemui selain itu harganya terjangkau. Nanas memiliki kandungan vitamin C, B1, B6, tembaga, magnesium dan kaya akan serat yang baik untuk pecernaan. Senyawa aktif bromelain memiliki fungsi sebagai antiperadangan, pembengkakan, meluruhkan dahak pada penyakit paru seperti pneumonia dan brokritis. Selain itu juga terbukti sebagai antikanker. Tapi sebaiknya konsumsi nanas yang tidak terpapar petisida dan usahakan nanas lokal karena  masih alami dan jarang mengandung pengawet buah seperti nanas impor.
b.     Manggis
Manggis cukup populer di Indonesia, berwarna merah hati dan isinya berwarna putih dengan rasa manis siapapun menyukainya. Berapa tahun terakhir, beragam penelitian telah menemukan berbagai khasiat dari buah ini. Maka tak heran bila dijuluki sebagai ratunya buah. Buah ini mengandung senyawa aktif katekin, polisakarida, dan stillbenes  dan xanthones. Zat xanthones memiliki beragam fungsi yaitu meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah osteoporosis, membantu pertumbuhan sel darah, sebagai anti virus, anti jamur, peradangan, menurunkan kadar gula darah, dan sebagai anti kanker. Sebaiknya mengkonsumsi jus manggis, tak hanya kulit saja tapi juga bersama buahnya langsung di blander.
c.    Tomat
Buah yang biasa dibikin sambal ini oleh mayoritas rakyat Indonesia. Mengandung zat gizi kalium, vitamin A dan C. Selain itu memiliki senyawa aktif beta-karokten, alfa-karokten, likopein, letuin. Bila mengkonsumsi secara rutin dapat mencegah dan mengurangi perkembangan sel kanker prostat, payudara, usus, paru-paru dan kulit. Sebaiknya mengkonsumsi tomat yang berwarna merah cerah karena kandungan likopein lebih banyak. Kita bisa memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam tomat, lebih terjamin dan tidak terpapar oleh petisida.
d.   Anggur
Buah yang satu ini memiliki kompenen  mangaan, vitamin B6, kalium, vitamin c  dan memiliki senyawa aktif flavonoid, resveratol, thiamin, riboflavin.  Senyawa akftif flavonoid berfungsi sebagai antioksidan, mencegah penyakit jantung dan antikanker. Sebelum mengkonsumsi anggur sebaiknya dicuci bersih dan dibilas dengan air masak untuk mengurangi kandungan petisida yang melekat karena sebagian besar anggur yang ada dipasaran merupakan impor.
e. Pepaya
Pepaya sangat mudah ditemui malah ada di pekarangan depan rumah kita. Buah ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Kandungan gizi yang ada didalamnya yaitu asam folat, vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, serta kaya dengan serat. Buah ini memiliki khasiat mencegah penyakit kanker, jantung, dan mempelancar metabolisme pecernaan.

Sumber
Subroto, M. Ahkam.2008. Real food, True Health. Jakarta : Agromedia Pustaka

Tiada ulasan: