Isnin, 5 Oktober 2015

Beragam Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh



Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Mudah didapatkan  dengan harga yang bersahabat. Kita bisa membeli pisang ini dipasar tradisional atau modern atau bisa juga ditanam sendiri. Bagi anda yang tak menyukai buah ini, tentu sangat disayangkan sekali. Beragam manfaat pisang bagi kesehatan tubuh.


a.    Pisang sebagai sumber energi
 
Pisang menyimpan karbohidrat dalam bentuk gula. Gula yang terdapat dalam pisang, bukan seperti gula yang biasa dikonsumsi keseharian tapi sukrosa, fruktosa dan glukosa. Gula ini sangat dibutuhkan tubuh dalam pembentukan energi. Maka tak heran pisang ini sangat populer di kalangan para atlet karena memberikan sumber energi saat bertanding.
b.    Sebagai obat penurun tekanan darah 
      Kandungan potasium pada pisang berfungsi mengatur tekanan darah tubuh. Sistem kerja potasium ini merangsang tubuh membuang air dan sodium.  Kandungan sodium yang tinggi didalam tubuh inilah yang menyebabkan darah tinggi. Penelitian yang dilakukan oleh Obarzanek terhadap 459 relawan dengan pendekatan makanan untuk menghentikan tekanan darah tinggi. Menunjukan hasil penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik. Diet ini dilakukan tanpa mengurangi konsumsi garam tapi menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi serta mengkonsumsi makan malam yang kaya potasium seperti pisang.
c.     Pencegah serangan jantung
Potasium juga bertugas dalam pengurangan radikal bebas ditubuh dan pembuangan kolestrol jahat. Kolestrol jahatlah yang menyebabkan atherosclerosis dan penyakit jantung lainnya. Potasium juga mematikan aktivitas platelet yang bisa mengakibatkan sumbatan pada aliran darah. Untuk mendapatkan potasium secara maksimal sebaiknya memakan pisang tanpa diolah.
 
d.   Penguat tulang
Kandungan mineral  pisang yaitu potasium dan magnesium menguatkan tulang. Seperti penelitian yang dilakukan oleh katherine tukcer dari tufts universty meneliti pola makan 907 orang dan melakukan penilainan kekuatan tulang. Lalu hasil yang didapatkan adalah mereka yang banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan memiliki kepadatan tulang yang lebih baik. Para relawan ternyata banyak mengkonsumsi buah pisang. Selain itu kandungan short chain fructooligosaccharides (FOS) meningkatkan keasaman pada usus besar sehingga membantu penyerapan kalsium
e.     Meningkatkan kesehatan usus
    
Serat yang terdapat pada pisang mengandung FOS. Zat ini yang bersahabat dengan usus, melindungi usus besar. Menyediakan makanan bagi bakteri baik. Bila bakteri baik tumbuh dengan sumbur maka usus akan terlindungi dari mikroba jahat dan sel kanker.

 

Sumber
James A Josep, Ph.D, dkk. Color code: A revulutiontnary eating plan for optimun health.2002. hyperion : New York.

Tiada ulasan: