Rabu, 28 Oktober 2015

Resep Soto Tetap Gurih Tanpa Penyedap Rasa, Murah Meriah Buat Satu Keluarga



            Soto adalah salah satu makanan khas Indonesia. Siapapun menyukai rasa dan kelezatan yang menggoyang lidah. Cocok dimakan kapan saja. Mau musim kemarau atau hujan. Bisa dimakan langsung atau ditemani bersama nasi. Tergantung selera masing-masing. Ini resep soto yang sudah berkali-kali saya bikin, biasa kalau lagi ada acara keluarga atau lebaran. Lumayan lezat sih rasanya. Soto salah satu makan favoritku, biasa sekali makan  bisa dua mangkok. Rasa enak sebenarnya tergantung dari lidah masing-masing orang kalau menurut saya soto yang dibikin tak kalah enak sama yang suka dijual di pasaran. Modal yang dikeluarkanpun tak banyak hanya berkisar 30 ribu-50 ribu, tergantung berapa banyak porsi yang ingin dibuat. Inilah cara membuat soto alah-alah saya :
a.    Bahan kuah
·         Bawang putih 20 siung
·         Bawang merah 5 siung
·         Jahe sebesar jari telunjuk
·         Kunyit sebesar jari telunjuk 2-3 buah
·         Serai  3 tangkai, lalu potong-potong
·         Lengkuas atau laos  3 bongkahan besar
·         Daun salam 4  lembar
·         Potongan ayam yang telah direbus (ceker, leher, tangan dan kepala)
·         Minyak sayur
·         Garam secukupnya
·         3 liter air
b.   Bahan isi
·         Kol 500 gram
·         Sohun 3 bungkus (bungkus kecil seharga 2 ribu, diwarung)
·         Cambah kecil 1 ons
·         Ayam goreng
c.    Cara membuat
·         Haluskan bahan kecuali Laos, daun salam dan serai, bisa ditumbuk atau diblender, sama saja sampai halus.
·          Memarkan Laos dan Serai
·         Tumis bahan yang telah dihaluskan sampai mengluarkan aroma harum, lalu masukan serai dan laos yang telah dimemarkan serta daun salam. Tambahkan air sekitar dua sendok makan, biarkan mengering dan menimbulkan aroma yang mewangi
·         Siapkan air kedalam paci, sekitar 3 liter air. Lalu masukan potongan ayam yang telah direbus. Biarkan  air sampai mendidih, lalu masukan bumbu yang telah ditumis tadi jangan lupa tambahkan garam secukupnya. Pengganti rasa gurih dari penyedap rasa adalah daun salam. Jadi jangan lupa memasukannya.
·         Kol yang telah di cuci, lalu di iris kecil-kecil. Siram sohun dengan air hangat, angkat bila telah lembut, suir-suir ayam goreng.
d.   Cara penyajian
·         Masukan kol, sohun, taburi dengan cambah bersama suiran ayam goreng. Lalu siram dengan kuah soto yang masih hangat. Untuk hasil rasa yang maksimal, silahkan taburin bawang goreng, sop, dan perasan air jeruk. Soto siap terhidang. Ini untuk 15- 20 porsi atau mangkok.



Tiada ulasan: