Khamis, 15 Oktober 2015

Buah Tomat Bagi Kesehatan Membunuh Sel Kanker Prostat



Kanker prostat adalah penyakit yang menyerang alat kelamin laki-laki yang menimbulkan gejala nyeri, susah buang air, ada darah dalam urin dan lain sebagainya. Penyakit ini umum terjadi pada laki-laki dewasa.   
Tomat mengandung vitamin, potasium  dan zat besi. Senyawa lycopene pada tomatlah yang memiliki fungsi membunuh sel kanker. Penelitian yang dilakukan pada tahun 1995 oleh Dr Edward Giovanucci dari Harvad Medical Shcool mensurvei 48.000 profesional pria yang sehat dan meminta mereka mengkonsumsi 46 jenis sayur dan buah.  Hasil yang didapatkan adalah mereka yang rutin mengkonsumsi tomat dalam bentuk jus, saus, dan olahan. Memiliki resiko terkena kanker prostat menurun sampai 35% sedangkan untuk mengidap tumor prostat agresif menurun sampai 50%. Giovanucci juga melakukan analisis pada 72 penelitian lycopene dari seluruh dunia. Dengan hasil 35 penelitaan menunjukkan bahwa tomat secara signifikan menurunkan risiko berbagai sel kanker prostat, paru-paru dan  perut.
Lycopene juga bermanfaat melawan kelemahan fisik karena usia tua.  Penelitian yang dilakukan oleh Dr David Snowdon dari Sanders-Browns Centers on Aging di University of Kentucky  terhadap 88 biarawati yang berusia 77-88 tahun.  Menunjukan bahwa biarawati yang memiliki kandungan lycopene tinggi  didalam darahnya memiliki kesehatan terbaik. Mereka bisa mandiri  dalam melakukan aktivitas seperti mandi, menganti pakainan dan berjalan tanpa mengunakan tongkat. Biarawati yang memiliki lyocopene tertinggi didarahnya 3.6 kali lebih bisa mengurus diri sendiri dibandingkan dengan mereka yang memiliki kandungan lyocopene yang rendah.
Menurut hasil penelitian kandungan lycopene pada tomat banyak terdapat pada tomat  yang telah diolah dibandingkan dengan tomat mentah.  Tubuh tidak bisa selalu menarik lycopene dari tomat mentah karena lyocpene tidak bisa larut dengan air tapi larut dalam minyak. Maka dari itu tomat yang telah melewati proses dimasak dengan sentuhan minyak jauh lebih baik.
Sebenarnya tak hanya kandungan lycopene saja yang memiliki manfaat luar biasa dari tomat masih banyak zat-zat yang terkadung didalamnya memiliki manfaat kesehatan. Sedari sekarang mulai memasukan daftar tomat dalam menu wajib dan olahan pada masakan kita. Toh di Indonesia buah ini sangat mudah ditemukan dengan harga yang relatif terjangkau atau bagi yang memiliki perkarangan di rumah bisa menamamnya sendiri. Tapi satu hal yang harus diingat bahwa kandungan micin atau penyedap rasa pada masakan, telah membuat nilai gizi dan kebermanfaatan dari sayuran dan buahan termasuk tomat itu hilang. 


Tiada ulasan: