Ahad, 11 Oktober 2015

Manfaat Buah Terong Bisa Menurunkan Kolesterol dan Mencegah Asma



Buah terong yang biasa dibuat sambal, sayur lode, di goreng atau juga direbus  dan jadikan lalapan. Sayur satu ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Itu semua tak lepas dari kandungan gizi seperti vitamin, mineral, asam folat, tembaga, kalium, besi serta memiliki unsur senyawa asam caffeic, asam cholorogenic, tannin, saponin, pectin terdapat pada sayur terong. Benarkah buah terong bisa menurun kolesterol dan mencegah asma?
            Menurut hasil penelitian kandungan  pectin berfungsi mengikatkan dirinya ke kolesterol dan asam empedu pada usus  dan mengantarnya keluar tubuh. Di proses dalam bentuk sampah dan terbuang bersama zat-zat yang tidak berguna. Selain itu zat  saponin memiliki tugas sebagai antihistaminic, antioksidan dan antiperadangan. Bila mengkonsumsi terong pada saat ada infeksi pada tubuh akan membantu proses penyembuhan lebih cepat karena saponin sebagai antiperadangan dan bila ada luka di tubuh maka akan lebih cepat membaik dan membentuk jaringan baru.
            Selain itu James Duke seorang penulis the green pharmacy mengatakan bahwa terong dapat melawan penyakit asma karena kandungan empat subtansi pada terong yang dapat mengurangi resiko kejang bronchial. Fungsi dari saponin sebagai antihistaminic merupakan antialergi. Biasa asma kambuh karena terpapar alergi bisa karena debu, dingin dan lain sebagainya. Terong juga bisa mengurangi proses penuaan dini akibat  radikal bebas karena banyak antioksidan yang berperan sebagai penangkal.
            Sebaiknya mengkonsumsi terong dengan cara dimakan langsung atau bisa diolah dengan direbus. Hindari mengkonsumi dengan digoreng karena akan menghilangkan zat-zat penting pada terong. Sayuran-sayuran memang memiliki manfaat menyehatkan tubuh termasuk terong. Maka dari itu mulai sekarang rutin mengkonsumsi aneka sayur demi usia harapan hidup yang lebih tinggi. 

Sumber
James A Josep, Ph.D, dkk. Color code: A revulutiontnary eating plan for optimun health.2002. hyperion : New York

               

Tiada ulasan: