Sabtu, 3 Oktober 2015

Empat langkah meningkatkan sistem imun, biar ngak gampang sakit



Memiliki tubuh sehat dan bugar, tentu menjadi impian setiap orang. Nikmat sehat itu baru terasa bila tubuh terbaring tak berdaya di tempat tidur tidak bisa melakukan aktivitas apapun. Ini ada berapa langkah meningkatkan sistem imun, biar ngak gampang sakit yaitu :
a.    Istirahat


Istirahat yang cukup lebih kurang delapan jam sehari adalah salah satu upaya untuk mengembalikan stamina dan menguatkan sistem pertahanan tubuh. Dengan beristirahat  organ limpa akan bekerja dengan maksimal. Tapi waktu istrahat yang baik yaitu malam. Usahakan jangan begadang karena sistem organ tubuh telah memiliki jadwal kerja masing-masing. Siang untuk bekerja dan malam istrahat. Tapi bila ada suatu hal yang memaksa buat begadang, usahakan untuk tidak melakukan secara rutin.
b.    Pola makan sehat

Tak hanya sekedar makan, perut terisi dan terasa kenyang. Tapi kita harus juga memperhatikan asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh. Pola makan yang baik akan membuat sistem pertahanan tubuh menguat karena pembentukan dan regenrasi sel  berjalan maksimal. Hindari makan cepat saji dan instan yang terasa nikmat di lidah tapi menjadi sampah di badan. Makan sayuran dan buahan akan membuat tubuh lebih sehat. Memakan sayuran mentah memang jauh lebih baik tapi harus terjamin kebersihan dan steril dari zat petisida.

c.    Olahraga


Olahraga yang teratur akan membuat tubuh menjadi segar, serta peredaran darah menjadi lancar. Lemak tubuh akan terbakar. Maka usahakan untuk melakukan olahraga rutin minimal sekali dalam seminggu. Bisa dengan berjalan kaki, atau berlarian kecil di sekitar rumah. Olahraga terbaik dilakukan saat pagi, udara masih segar. Oksigen belum terkontaminasi dengan polusi. Paru-paru menjadi lebih sehat, dan pertahanan tubuh menguat.
d.   Minum yang cukup


Air dibutuhkan tubuh untuk mengeluarkan racun. Racun itu terbuang dalam bentuk air kencing. Bila kita kurang minum maka air kencing akan sedikit, dan berwarna lebih pekat. Efek dari kekurangan cairan tubuh, sel-sel banyak yang mati. Tubuh akan terasa lemas, kurang konsentrasi dan mengantuk. Selain itu bila kebiasaan kurang mengkonsumsi air berlangsung lama maka berbagai organ tubuh akan rusak seperti ginjal. Maka dari itu minumlah air dua liter sehari.

Tiada ulasan: