Jumaat, 18 Disember 2015

Lengkuas Untuk Kesehatan, Mengobati Penyakit Kulit dan Rematik



Lengkuas termasuk bumbu dapur, baunya yang khas menambah cinta rasa sebuah masakan terutama yang menggunakan santan.  Kandungan zat yang terdapat dalam lengkuas adalah  methyl cinamate, kamfer, d-pinen, galangin dan eugenol, camphor, cadine, hydrates hexahydrcodalene, kristal kuning, galangol, serta sesquiterpene. Maka tak heran bila lengkuas sangat baik bagi tubuh, inilah manfaat dari lengkuas yaitu
a.      Mengobati penyakit kulit
Bila memiliki masalah dengan kulit seperti kudis, kurap, panu, koreng, borok yang bisa menggangu penampilan. Bisa diatasi dengan menggunakan lengkuas.  Untuk koreng dan borok, ambil satu rimpang lengkuas bersama bawang putih empat siung ditumbuk halus dan dijadikan bubur. Tempelkan pada bagian area yang bermasalah secara rutin setiap harinya. Masalah kurap yang menahun, tinggal ditambah cuka lalu oleskan .  Kalau untuk panu lengkuas dihaluskan lalu ditambah dengan  cuka,  gosok-gosok pada tubuh yang terkena panu.
b.      Rematik
Rematik kebanyakan menyerang ibu-ibu meski tidak menutup kemungkinan bapak juga bisa terkena. Rasa nyeri yang tak tertahan di sendi dan tumit, membuat aktivitas menjadi tertunda.  Ambil empat rimpang lengkuas ukuran besar, lalu rebus.  Air yang masih hangat digunakan untuk mandi.
c.       Obat tetes telinga
Bila memiliki masalah pada telinga, selain bisa mengunakan obat medis. Lengkuas bisa menjadi alternatif pilihan. Ambil lengkuas yang muda lalu haluskan, peras. Ambil airnya.  Teteskan air tersebut pada bagian telinga yang sakit.
d.      Penyakit lain
Lengkuas yang dikonsumsi sebagai campuran masakan ternyata sangat baik untuk pecernaan, menguatkan lambung dan menambah nafsu makan. Maka jangan sungkan untuk mengolah masakan anda dengan campuran lengkuas, asal masih dalam porsi yang sesuai akan memiliki khasiat yang baik bagi tubuh.

Tiada ulasan: