Selasa, 29 September 2015

Bahaya minuman ini bila dikonsumsi terus-menerus, bisa membahayakan ginjal dan menimbulkan beragam penyakit



Suka minum suplemen yang bikin stamina  jadi tambah jreng dan kuat dalam beraktivitas. Seperti iklannya di TV, “laki-laki minumnya ini”. Kita sudah tertipu oleh iklan yang terkemas dengan cantik tapi  tersimpan sebuah bahaya yang tidak disadari. Kandungan dalam minuman tersebut mengintai nyawa. Minuman berenergi seperti ekstra joss, kuku bima energi, hemaviton jreg, M150 dan sejenisnya memiliki kandungan kafein yang tinggi. Kafein inilah yang memberi efek  tidak cepat lelah dan tidak mengatuk saat bekerja. Kadarnya serupa dengan kandungan kafein dalam  tujuh gelas kopi.
            Belum lagi kandungan zat kimia yang terdapat didalamnya memaksa ginjal bekerja lebih keras lagi. Tugas hati sebagai penetral racun (zat-zat kimia termasuk zat racun  bagi tubuh) harus lebih ekstra bekerja. Jantung akan berpacu lebih cepat lagi karena desakan kafein. Organ-organ yang bekerja diluar batas maksimalnya pasti akan mengalami kerusakan. Layaknya sebuah mesin yang dipakai terus menerus tanpa istirahat tinggal menunggu waktu untuk meledak. Maka tak heran bila banyak penelitian baik dalam negeri maupun luar negeri,  menunjukkan hasil bahwa minuman berenergi memiliki efek bahaya bagi kesehatan. Sebagian kasus pasien cuci darah memiliki riwayat hidup mengkonsumsi minuman berenergi yang rutin.
          Saya tertarik menulis artikel ini karena, ada seorang pasien yang dirawat pada bangsal tempat saya bekerja mengidap penyakit aneh menurut saya (baru menemui hal ini). Tangan dan kaki  terasa kaku, otot tubuhnya bergerak sendiri. Menurut dokter diagonisisnya  periodik paralisis. Sayapun tertarik untuk mengkaji, seberapa sering dia mengkonsumsi minuman berenergi dan berapa jumlah dalam sehari. Dia mengakui bahwa rutin minum kadang lebih dari tiga kali sehari selama dua tahun terakhir. Gejala dari penyakit itu, baru dia rasakan kurang dari empat bulan ini.
            Kesehatan  sungguh mahal harganya. Bila tubuh telah terbaring lemah maka hilang semua nikmat itu. Sayangi badan dengan konsumi air putih, bila memang mengiginkan tubuh berenergi  maka konsumilah makanan yang sehat. Tak ada cerita,  binaragawan yang memiliki otot kekar dan tubuh gede, gara-gara mengkonsumsi minuman berenergi. Tapi pola makan yang mereka atur. Ditambah dengan olahraga serta latihan fisik rutin.  Lalu masihkah terbuai dengan iklan.

Tiada ulasan: