Jumaat, 25 September 2015

Tips hemat alah anak kost, tetap bisa belanja tapi ada yang tersisa



Berada di rantauan jauh dari keluarga, karena studi atau pekerjaan. Memaksa harus mengkost. Disinilah dilatih sebuah kemandirian. Biasa diawal bulan ada sumber uang masuk bisa dari kiriman dari orangtua ataupun gaji bagi yang bekerja. Bila tidak pandai mengaturnya maka akhir bulan bisa gigit jari karena kantong bolong. Bisa berutang, jadi tutup lubang gali lubang seperti kata pepatah. Ini tips ringan yang bisa dilakukan agar terhindar dari itu semua :
a.    Catat kebutuhan pokok selama sebulan
Menceklist apa-apa yang harus dibeli selama satu bulan misal sabun, shampo,  makanan ringan, dan kebutuhan lain. Termasuk kebutuhan kosmetik (biasanya wanitakan tak bisa lepas dari dandan).
b.     Bagi uang
Bagi uang dalam berapa kelompok kecil. Uang untuk kebutuhan makan usahakan memiliki bajet khusus  misal 20ribu/hari. Uang buat beli pulsa misal 50 ribu/bulan. Uang untuk bayar air dan listrik. Uang buat belanja (untuk membeli sesuatu misal tas, buku, sepatu dan sebagainya) dan ada uang  tak terduga untuk kebutuhan diluar predeksi. Masukan uang yang telah dibagi tersebut kedalam amlop dan tulis kegunaan uang itu. Dengan pembagian ini, uang akan memiliki posnya masing-masing. Maka akan terhindar dari belanja yang tidak penting.
c.    Pos tabungan
Sisihkan berapa persen misal 5%, 10% atau berapa persen dari total uang yang anda terima setiap awal bulan sebelum dibagi-bagi kedalam pos-pos. Masukan uang ini kedalam pos tabungan. Sudah barang tentu, tidak boleh dilirik apalagi diambil. Anggap uang itu tidak ada sama sekali.
d.    Kendalikan diri
Berusaha untuk mengendalikan diri saat dorongan belanja sesuatu yang  tidak ada dalam daftar terjadi. Katakan pada hati bahwa bulan depan akan memasukan kedalam daftar belanjaan. Atau bisa membeli barang tersebut ketika akhir bulan saat uang dari masing-masing pos memiliki sisa.
            Itulah tips hemat alah anak kost yang bisa diterapkan, semoga bermanfaat. Selain bisa menabung tetap bisa belanja sesuatu. 
           

Tiada ulasan: