Ahad, 27 September 2015

Sebaiknya Anda Melakukan Ini Bila Diare Menyerang



Diare bisa menyerang kapan saja dan siapa saja. Penyebab bermacam tapi yang lebih sering karena  salah makan sesuatu.  Makanan mengandung banyak cabe dan  bersantan membuat usus menjadi kaget. Makanan yang harusnya terserap oleh usus malah tidak jadi diolah. Rangsangan untuk buang air  akan terus terjadi, membuat anda bolak-balik ke WC. Di tambah rasa mulas dan rangsangan mual biasa mengiringi. Kondisi ini tentu tidaklah mengenakkan. Tapi berapa hal berikut ini bisa dilakukan saat diare itu melanda
a.  Minum air putih
            Saat diare, maka banyak cairan terbuang. Ini bisa menyebabkan dehiderasi, bila tidak ditangani dengan segera bisa berakibat fatal karena tubuh yang kekurangan cairan akan menyebabkan organ tidak bisa bekerja maksimal sel-sel tubuh bisa mati. Dampak yang paling fatal selain kerusakan jaringan tubuh bisa menyebabkan kehilangan nyawa. Untuk mengganti cairan yang hilang maka minum air putih. Usahakan setiap kali keluar dari kamar mandi, maka saat itu juga anda harus minum air putih minimal satu gelas (orang dewasa). Bila diare pada bayi maka sebaiknya berikan ASI yang maksimal.
b. Minum cairan gula dan garam
            Elektrolit yang ada pada tubuh sebagian terbuang maka untuk mengantinya minum cairan gula dan garam, untuk menjaga keseimbangan. Segelas air (200-250) dicampur dengan 2 sendok gula dan garam sampai larut lalu diminum. Bila dirumah  tidak ada oralit. Minum teratur.
c. Makan lebih sering tapi sedikit
            Untuk mengembalikan energi maka harus ada asupan nutrisi. Makan sedikit tapi sering bisa menjadi alternatif untuk menghindari rangsangan muntah. Makanan yang berminyak, produk susu, keju, kafein tidak boleh dikonsumsi dahulu.
d. Istarahat
            Dengan beristrahat maka energi tidak banyak terkuras, tubuh  bisa kembali lebih fit. Selain itu istrahat bisa mengurangi rasa mules.
e. Konsultasi ke dokter
            Bila gejala klinis diare tidak berhenti  lebih dari 3 hari disertai suhu tubuh yang meningkat sebaiknya segera bawah kedokter untuk penangan lebih lanjut.
f. Sebaiknya hindari obat warung
            Ada berapa obat warung yang bila dikonsumsi bisa membahayakan tubuh, karena efek yang langsung menyetop.  Bisa menyebabkan rusak pesyarafan  usus besar sehingga BAB benar-benar stop. Dalam berapa kasus pernah ditemui. Sebaiknya kalau mau konsumsi obat konsultasi dengan dokter.
sebaiknya lakukan ini saat diare

Tiada ulasan: