Jumaat, 15 Julai 2016

BUAH KURMA TAK HANYA ENAK DIMAKAN, TAPI MEMILIKI SEGUDANG MANFAAT



Buah kurma banjir pada bulan ramdahan. Rasa manis dan lezat membuat siapapun menyukai buah ini. Buah ini banyak mengandung zat gizi yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan glukosa yang hampir 80% , dengan cepat bisa mengembalikan energi tubuh. Meski banyak mengandung glukosa, jangan takut terkena diabetes karena kandungan gulanya bersahabat pada tubuh.  Nabi sangat menganjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma, saat akan berbuka puasa. Memang buah kurma indentik dengan masyarakat arab, tapi di Indonesia buah kurma tetap memiliki tempatnya. Buah kurma tak hanya enak dimakan, tapi memiliki segudang manfaat, bagi kesehatan. Ini semua tak lepas dari kandungan zat yang terdapat pada kurma yaitu
a.      Kaya Kalsium
Kalsium merupakan mineral yang memiliki manfaat dalam pengumpalan  darah, pembentukan tulang dan gigi serta konduksi saraf.
b.      Kaya akan Vitamin
Kurma mengandung vitamin K yang sangat penting dalam pembekuan darah dan kekuatan tulang. Vitamin B kompleks yang membantu dalam proses metabolisme kabohidrat, protein dan lemak. Vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata dan menjaga kulit tetap sehat, serta membantu melindungi dari kanker paru-paru dan mulut.
c.       Mengandung Tanin
Tanin ini memiliki fungsi sebagai anti-infeksi, anti-inflamasi, dan anti-hemoragik.
d.      Kaya akan Zat besi
Zat besi merupakan kompenen dalam pembentukan sel darah merah. Bila kekurangan zat besi dalam tubuh bisa menyebabkan anemia karena  zat besi berfungsi mengikat oksigen.
e.       Sulfur Organic
Kandungan sulfur organic ini memiliki manfaat untuk mengatasi alergi pada tubuh.
            Kurma memang telah lama diyakini dan terbukti memiliki khasiat. Maka jadikan kurma salah satu makanan favorit. Terutama bagi ibu yag sedang hamil yang membutuhkan banyak nutrisi pada tubuh.

Tiada ulasan: