Khamis, 14 Julai 2016

JAGUNG TAK HANYA MAKAN POKOK, TAPI JUGA MEMILIKI KHASIAT KESEHATAN



Jagung merupakan salah satu makan pokok selain padi dan gandum. Di Indonesia. Madura dan Nusa tenggara yang menjadikan jagung sebagai pangan pokok.  Kandungan kabohidrat yang cukup tinggi pada jagung, menjadi sumber energi bagi tubuh. Kandungan zat yang terdapat pada jagung yaitu kalori, ferrum, protein, kalsium, vitamin A, lemak, fosfor, vitamin BI. Selain dikonsumsi secara langsung (direbus), jagung juga bisa diolah menjadi serial dan makanan lain. 
            Jagung tak hanya enak menjadi santapan tapi kandungan zat yang terdapat didalamnya juga bermanfaat bagi kesehatan.
a.      Kaya akan vitamin
Jagung kaya akana vitamin B dalam bentuk thiamin dan niacin. Thiamin ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan saraf. Jagung juga mengandung Vitamin A yang berguna untuk kesehatan mata dan kulit. Selain itu mengandung vitamin E, sebagai penangkal radikal bebas atau antioksidan. Vitamn B12 mencegah terjadi anemia.
b.      Mengandung asam folat
Asam folat ini sangat berguna dalam melindungi sel dalam kerusakan, ibu hamil yang kekurangan asam folat bisa menyebabkan  bayi kurus dan mengakibatkan cacat.
c.       Kaya akan mineral
Jagung mengandung fosfor yang sangat baik dalam kesehatan tulang dan ginjal. Selain itu mengandung zat besi sebagai salah astu zat pembentuk darah. Magnesium untuk menjaga denyut jantung normal dan untuk kekuatan tulang.
d.      Mengandung zat anti kanker
Jagung mengadung asam fenolik, senyawa derulic, agen anti kanker, memerangi tumor dan kanker payudara serta kanker hati.
            Bagaimana masih ragu untuk mengkonsumi jagung dan beragapan bahwa jagung hanya makanan orang kampong bukan kelas elite. Seharus dinegara kita yang berilim tropis jagung memiliki tempatnya tersendiri yang bisa menyaingi pizza dan spagety.

Tiada ulasan: