Ahad, 17 Julai 2016

SEPOTONG KISAH : SEBUAH TITIK BALIK KEHIDUPAN



Ketika tuhan menjungkir balikkan kehidupanmu hingga kembali ketitik dasar lewat sebuah ujian, sesaat mata terpejam dan semua terasa gelap. Jam seakan melambat, semua seakan terhenti. Hati akan terasa sesak. Apapun bentuk ujian itu, yakinlah ada recana besar yang tengah dipersiapkan oleh tuhan. Ingatlah dengan sebuah kata “Hanya orang diuji yang akan naik kelas.”
Satu-satu jalan yang bisa dilakukan bersabarlah, roda itu berputar tak selamanya berada dititik dasar. Sebutir intan adalah mineral yang berproses lewat tekanan suhu sampai ribuan derajat celius. Orang-orang besar itu tak dilahirkan oleh tawa, tapi oleh tempahan hidup, lewat ujian dan airmata. Bila tuhan memberi ujian, membuat titik balilk kehidupan, tenanglah esok ada matahari yang bersinar setelah malam pekat. Tak selamanya hidup ini  berada dalam kesedihan. Bahagia dan sedih, silih berganti menghampiri. Hanya orang-orang pilihan yang  bisa tetap tegak, saat badai besar itu hampir meluluh-lantakan kehidupan. Tak hanya sekali tapi berkali-kali.
Bacalah kisah-kisah orang-orang besar, mereka berangkat dari nol, dari ejekan, hinaan, cacian dan tak jarang mereka terbuang.  Berjalan sendirian merajut mimpi. Saat orang-orang meragukan akan kemampuan yang mereka miliki. Mereka berusaha tegak meski sendiri. Semua itu  akan membentuk tekad yang kuat. Tekad seperti baja bahwa mereka tak akan pernah menyerah. Masa depan itu, hanya untuk orang-orang yang tak pernah berhenti berjuang.
Maka bergegaslah, bila sedih itu masih enggan beranjak, sibukkanlah dengan hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian. Fokuslah apa yang akan menjadi tujuan hidup. Setelah hujan badai, angin disertai petir akan terlukis pelangi yang indah. Kabut itu datang untuk mengundang hujan, sehingga bumi basah. Tumbuhan-tumbuhan akan menghijau dan bunga-bunga bermekaran. Ujian itu hadir untuk memberi harapan, akan hari depan yang lebih baik.
****
Tulisan ini saya buat untuk menasehati diri saya sendiri, semoga bermanfaat buat kita semua.

Tiada ulasan: