Isnin, 7 Mac 2016

Seputar Hemofilia yang Perlu Diketahui



Hemofilia sebuah penyakit yang jarang. Dari ribuan orang paling hanya satu atau dua yang terkena penyakit ini. Salah satu penyakit genetik yang merupakan bawahan dari keterunan. Bila ayah atau ibu memiliki faktor pembawa hemofilia maka salah satu anak yang terlahir akan menjangkit penyakit ini.
a.      Apakah Hemofilia ?
Hemofilia adalah darah yang tidak bisa membeku secara normal, darah akan terus mengalir tanpa bisa berhenti, saat terjadi luka.  Pada penderita hemofilia terjadi mutasi gen yang menyebabkan kekurangan dari zat pembekuan darah. Bila orang normal    terkena luka, maka saat bagian yang terluka itu ditekan, pendarahan berhenti dan terdapat darah yang mengumpal disana. Berbeda cerita dengan hemofilia darahnya tidak bisa menggumpal dengan cepat.
b.      Apakah gejala Hemofilia ?
Inilah gejala dari hemofilia yang perlu diketahui, yang umum terjadi yaitu adanya pendarahan yang berlebihann secara spotan, setelah luka ringan. Pembengkakan, nyeri. muntah-muntah, sakit kepala yang hebat dan lama, nyeri di area leher, penglihatan kabur.
c.       Seberapa Bahaya Hemofilia
Bila Hemofilia tidak ditangani dengan tepat bisa menyebabkan kematian. Selain itu juga berdampak pada kekakuan sendi, pedarahan gastrointestinal, resiko tinggi terkena AIDS karena tranfusi darah.
d.      Pengobatan Hemofilia
Untuk penangan awal, kurangi aktivitas yang bisa membuat cedera dan membuat luka. Hindari obat-obat yang bisa mengencerkan darah, olahraga yang teratur, jaga asupan makanan yang kaya serta gizi, vitamin dan mineral. Usahakan untuk tidak mencabut gigi karena bisa berdampak pada pendarahan. Bila terdapat gejala Hemofila yang parah sebaiknya bawah kerumah sakit untuk penangan lebih lanjut dalam pemberian obat pembekuan darah dan tranfusi.

Tiada ulasan: