Isnin, 28 Mac 2016

Seputar Penyakit Rematik Yang Perlu Diketahui




Sebagian orang ada yang beragapan bahwa antara penyakit asam urat dan rematik itu sama, padahal sangat berbeda meski gejala yang ditimbulkan hampir sama. Rematik biasa menyerang ibu atau  wanita yang sudah diatas 40 tahun. Menurut penelitian wanita lebih retan terkena penyakit ini dibandingkan dengan pria.
a.       Apakah Rematik ?
Rematik adalah sendi atau tulang yang mengalami peradangan berdampak pada pengeroposan tulang dan menumbuhkan jaringan yang baru.  Biasa mengenai lutut dan pergelangan kaki.
b.      Gejala Rematik
Rasa nyeri yang hebat di anggota gerak tubuh, bengkak dan warna merah, terasa kaku dan sakit saat pagi hari dan beraktivitas,  biasanya ada juga yang disertai peningkatan suhu tubuh atau demam.
c.       Penyebab Rematik
Ganguan sistem imun yang biasa bertugas membasmi bakteri dan virus malah menyerang sel-sel baik.  Pola hidup yang tidak sehat, seperti sering mandi tengah malam, jarang menggunakan alas kaki saat di rumah, sering terpapar dengan cuaca yang lembab. Ada penyakit  lain seperti lupus.
d.      Penangan Rematik
Selain mengubah pola atau kebiasaan yang buruk dari sisi makanan dan menghindari kotak tubuh dengan cuaca lembab.  Olahraga yang teratur, berjalan dipagi hari tanpa menggunakan alas kaki diatas kerikil, bisa menjadi alternative. Sebaiknya memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan untuk mendapatkan pengobatan, biasa akan dilakukan serangkainan pemeriksaan.  Dari rotghen,  darah dan MRI.

Tiada ulasan: