Selasa, 1 Mac 2016

Seputar Penyakit Stroke Yang Perlu Diketahui



Stroke bukan lagi penyakit orang kaya, tapi bisa menyerang siapa saja. Perkembangan zaman dengan pola hidup kurang baik dan suka makan junk food, serta tuntutan untuk serba cepat, pergerakan yang kurang karena serba instan. Bandingkan dengan zaman dulu, semua kembali ke alam dan alami. Tapi zaman dulu berbeda dengan zaman sekarang, kita harus mengikuti perkembangan zaman tapi yang harus diperhatikan dalam mengatur pola hidup sehat.
a.      Apa  itu stroke ?
Stroke adalah pecahnya pembuluh darah otak, akibat tekanan yang tinggi. Bisa karena ada sumbatan yaitu kolesterol  atau dikenal dengan emboli. Bisa juga akibat tekanan darah tinggi atau hipertensi. Maka stroke dibagi menjadi dua yaitu stroke hemoragik dan stroke non hemoragik.
b.      Seberapa bahaya stroke ?
Stroke sangat bahaya bagi tubuh, karena menyerang otak. Bila terkena stroke syaraf-syaraf otak rusak dan sel-sel sebagian mati. Otak merupakan pusat dari aktivitas tubuh. Terbayang bila mengalami kerusakan. Maka orang terkena serangan stroke biasanya kaki dan tangan lemah, sulit bicara serta sebagian ingat kognitif hilang misal pada angka-angka atau huruf. Bila stroke tidak mendapatkan penangan segara dan tepat, bisa berdampak pada kematian.
c.       Bagaimana pencegahan stroke?
Sebelum stroke  menyerang, bisa dicegah dengan mengatur pola hidup. Selain itu bila sudah memiliki gejala darah tinggi serta kolesterol dibatas normal, sebaiknya kontrol dengan dokter untuk mendapatkan obat yang tepat, kurangi mengkonsumsi makanan berlemak. Periksa secara berkala kesehatan. Ada kata pepatah mengatakan bahwa pencehagan lebih baik daripada mengobati.
d.      Bagaimana bila  stroke menyerang ?
Bila stroke menyerang, sebaiknya  yang dilakukan adalah segera bawah kerumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Pasca stroke pantau kondisi kesehatan secara berkala. Kontribusi orang terdekat sangat penting dalam kesembuhan pasien. Melatih berbicara dan berjalan harus rutin dilakukan untuk mengembalikan fungsi syaraf motorik

2 ulasan:

Unknown berkata...

assalamu'alaikum wr.wb

saya sangat menyukai artikel anda ttg seputar penyakit stroke.
apakah anda bisa membantu saya bgmn tata cara penanganan pasca serangan stroke spt terapi2x yg hrs di lakukan, menu makan bagi pasien stroke.2 hal ini dulu tindakan yg lain nanti aq email lg. terima kasih banyak teman.

wassalamu'alaikum wr.wb

Unknown berkata...

Kalau pasca serangan stroke, biasa pasien harus bedrest total 5-7 hari dengan posisi kepala 30 derajat dan pemberian oksigen, untuk mengurangi pendarahan diotak serta darah bisa terserap secara alami.Biasa ini dilakukan di rumah sakit. Soal makanan usahakan jangan yang banyak mengandung minyak, sayuran hijau atau buah-buah sangat baik dikonsumsi. Tentu dengan pengolahan yang tepat.Biasa pasca serangan ada bagian anggota gerak yang lumpuh, dilakukan fisiotheraphy atau keluarga bisa melatih sendiri rentang gerak tersebut secara rutin. Untuk lebih jelas masalah theraphy, silahkan konslutasi kedokter spesialis saraf.