Selasa, 22 Mac 2016

Seputar Penyakit Endocarditis Yang Perlu Diketahui



Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit pembunuh tertinggi. Dahulu penyakit ini dikenal hanya menjangkit kalangan orang kaya. Kebiasaan makanan yang berlemak dan serba instan yang kurang serat, menjadi factor penyebab. Tapi belakangan ini, penyakit jantung tak kenal strata sosial, siapapun yang gaya hidupnya tidak sehat maka berpotensi terkena. Pada jantung manusia terdapat membran yang biasa disebut dengan endocardium.
a.       Apa Itu Endocarditis ?
Endocarditis adalah peradangan pada endokardium yang mencakup katup jatung mitral dan oarta. Katup jantung sendiri memiliki fungsi sebagai pembuka dan penutup, dalam pertukaran darah bersih yang kaya oksigen dengan darah kotor yang kaya karbondioksida. Bila peradangan pada endocardium tidak segera ditangani bisa menyebabkan kebocoran jantung.
b.      Gejala Endocarditis
Gejala yang biasanya timbul yaitu penderita tampak lemas dan kelelahan, pucat, mengalami peningkatan suhu tubuh, mengigil. Tampak sulit bernapas atau napas cepat, Irma jantung tidak normal bisa melambat dan cepat. Nafsu makan menurun, terdapat pembengkakan atau edema, terdapat bising usus atau murmur.
c.       Penyebab endocarditis
Penyebab dari endocarditis adalah bakteri streptococcus, basil E colli dan jamur terbawa dari aliran darah atau bisa juga dari proses pembedahan sebelumnya. Kebiasaan hidup tidak sehat seperti perokok dan minuman keras, pencandu narkoba, terjangkit penyakit HIV AIDS.
d.      Penanganan
Segera bahwa kepelayanan kesehatan untuk mendapatkan pengobatan seperti antibotik serta pemerikasaan darah, EKG, rotghen thorak. Baru akan ditentukan seberapa parah penyakit, untuk diambil tindakan pembedahan atau operasi pada jantung.

Tiada ulasan: