Rabu, 30 Mac 2016

Seputar Penyakit Ensefalitis Yang Perlu Diketahui



Otak merupakan organ vital bagi tubuh manusia, ada gangguan atau masalah sedikit maka tak heran dampaknya begitu signifikan. Dari menghilangkan ingatan,  kelumpuhan, tidak bisa bicara sampai penurunan kesadaran yang berujung pada kematian. Otak juga memiliki struktur yang sangat rumit, dan bila dilakukan pembedahan memiliki resiko yang tinggi dibandingkan dengan organ tubuh yang lain.
a.       Apa Itu Ensefalitis ?
Ensefalitis adalah peradangan atau inflamasi pada  jaringan otak yang disebabkan oleh infeksi. Membuat sebagian sel-sel mengalami kerusakan sehingga fungsi otak mengalami gangguan.  Meski penyakit jarang terjadi tapi tidak menutup kemungkinan untuk menjangkit seseorang terutama anak-anak atau lansia yang sistem imunnya lemah atau masih belum sempurna.
b.      Gejala Ensefalitis
Gejala  dari ensefalitis ini yaitu nyeri kepala,lemas dan tampak kelelahan, terjadi peningkatan suhu tubuh (39-4 1 °C), nafsu makan mengalami penurunan, muntah-muntah, nyeri tengkorokan, penderita tampak gelisah. Gejala yang signifikan yaitu kejang yang disertai dengan penurunan kesadaran.
c.       Penyebab Ensefalitis
Virus yang masuk melalui saluran napas, kulit, dan saluran cerna yang mengikuti aliran darah dan menyebar ke seluruh tubuh termasuk otak.  Bila sistem imun kuat virus ini, bisa dibasmi sebelum menginfeksi.  Bisa disebabkan dari pola prilaku yang tidak bersih, makanan sembarangan (tidak higienis), kontak dengan orang yang memiliki penyakit menular.
d.      Penanganan Ensefalitis
Segera bahwa penderita kepelayanan kesehatan untuk mendapatkan pengobatan, bila memang mendapatkan diagnosis ensefalitis dari dokter, biasanya  maka diberikan  obat antivirus. Serta akan dilakukan serangkainan pemeriksaan fisik.Selain itu menjaga pola makan yang sehat dan kebersihan dalam hal penguatan system imun juga penting untuk dilakukan.

Tiada ulasan: