Sabtu, 26 Mac 2016

Seputar Penyakit Gout (Asam Urat) Yang Perlu Diketahui



Bila penyakit asam urat menyerang rasa sakit biasa tidak tertahankan.Membuat segala aktivitas terganggu, karena ini menyerang persendian dan otot.  Pergerakan tubuh jadi terhambat, disertai dengan bengkak, kemerahan, dan rasa nyeri. Biasanya, penyakit ini menyerang orang yang telah berusia lanjut terutama para wanita tapi tidak memungkinkan bila pola dan gaya hidup orang berusia muda tidak sehat bisa mengakibatkan peningkatan asam urat.
a.       Apa Itu Asam Urat ?
Protein dari makanan yang dikonsumsi oleh tubuh akan diolah menjadi purin, selanjutnya purin akan diubah menjadi asam urat. Asam urat ini memiliki fungsi sebagai antioksidan dan mengganti jaringan yang mati. Bila jumlah asam urat ini berlebihan didalam tubuh, maka akan dibuang melalui ginjal. Tapi bila ginjal tak bisa membuangnya, zat ini akan mengkristal  dan menumpuk dipersendian. Inilah yang disebut dengan  penyakit asam urat.
b.      Penyebab Asam Urat
Adanya kerusakan pada ginjal, kelebihan berat badan, perokok, peminum alkohol, kebiasan makanan instan dan siap saji, sering mengkonsumsi makan tinggi purin seperti belinjo, hati, daging bebek dan makan yang berminyak.
c.       Gejala Asam Urat
Nyeri pada persendian biasa pada ujung kaki dan betis. Tumit tampak membengkak dan kemerahan. Nyeri semakin terasa bila dibawah berjalan.
d.      Penanganan Asam Urat
Penanganan awal yang harus dilakukan adalah minum banyak air putih, kurangi mengkonsumi makanan yang mengandung purin, makananlah yang kaya serat seperti sayuran dan buah-buahan. Hindari makan minyak yang berlebihan. Bila telah memiliki gejala yang parah sebaiknya segera bahwa kepelayanan kesehatan untuk mendapatkan pengobatan.

Tiada ulasan: